Josi Kie

Dasar Pemrograman Java 3

Dasar Pemrograman Java 3

Setelah belajar Dasar Pemrograman Java 2, kita akan belajar Dasar Pemrograman Java 3. Yang mana berisi materi dan praktek yang lengkap penjelasanya tentang looping (perulangan) dan array

Pedih

Pedih

Pagi ini indah ya…,
Sangat indah dan
Mentaripun begitu sangat
Cantik dan indah

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Android 10 dan Android Pie adalah rilis baru operating system Android. Android Pie rilis pada tahun 2018, sedangkan versi Android 10 rilis pada tahun 2019. Fitur – fitur pintar banyak bertambah. Untuk tahun 2019, Android 10 adalah versi Android terbaru meskipun belum semua smartphone dapat menggunakan operating system versi Android 10.

Matematikawan adalah seseorang yang mau dan mampu melakukan penelitian terhadap hal – hal berbau perhitungan (Matematika). Tidak sembarang orang bisa menjadi matematikawan apalagi matematikawan besar yang sudah mendunia. Mereka mendunia karena membawa perubahan dan kemajuan di bidang matematika. Orang – orang pilihan seperti mereka termasuk cerdas. Kebanyakan orang bila dihadapkan dengan matematika akan merasa pusing, beda dengan mereka yang malah penasaran dan semakin penasaran sehingga dapat mengetahui hal – hal baru.


Baca juga : Macam Macam Jurusan Komputer di Universitas (Ketahui Sebelum Terlambat)


Sepanjang peradaban manusia ada banyak matematikawan. Tetapi beberapa dari mereka adalah penemu ilmu dasar yang membawa perubahan pada ilmu matematika bahkan peradaban dunia. Ini dia 6 matematikawan yang berjasa dan mendunia :

1) Thales

sumber : iep.utm.edu


Matematikawan ini adalah orang pertama yang memiliki pemikiran tidak bergantung mitologis di Yunani. Awalnya orang Yunani menganggap segala sesuatu seperti cuaca dan lainnya adalah perbuatan dewa(mitologis). Hal uang paling penting terkenal dari Thales adalah Teorema Thales.


Teorema Thales :

  • Sebuah lingkaran terbagi 2 sama besar oleh diameternya,
  • Sudut bagian dasar dari sebuah segitiga sama kaki adalah sama besar,
  • Jika ada 2 garis lurus bersilangan, maka besar kedua sudut yang saling berlawanan akan sama,
  • Sudut yang terdapat di dalam setengah lingkaran adalah sudut siku – siku,
  • Sebuah segitiga terbentuk bila bagian dasarnya serta sudut – sudut yang bersinggungan dengan bagian dasar tersebut telah ditentukan.

2) Pythagoras

sumber : gettyimages


Pernah belajar pitagoras semasa sekolah? Matematikawan bernama Pythagoras lah yang membuat Teorema Pythagoras menjadi terkenal dimasanya. Beliau sangat suka belajar , banyak hal yang sudah dia pelajari selain matematika, seperti kecapi dan lainnya. Pythagoras tertarik dengan matematika dan merupakan salah satu murid Thales. Beliau pergi ke kota Miletud hanya untuk bertemu dan belajar pada Thales yang pada saat itu adalah ahli matematika dan astronomi. Selain belajar ke Thales, ternyata Pythagoras juga belajar kepada murid Thales yang bernama Anaximander. Pythagoras bukan penemu Teorema Pythagoras karena pemikiran seperti Teorema Pythagoras sudah pernah ada namun tidak terkenal karena belum ada penjelasan lebih lanjut dan pembuktian terhadapnya. Pythagoras dengan berani membuktikan kebenaran Teorema Pythagoras sehingga disebut Teorema tersebut dinamakan Teorema Pythagoras.

3) Archimedes

sumber : zmescience.com


Beliau adalah orang pertama yang mendefinisikan sistem angka yang menunjukkan suatu bilangan yang nilainya tak terhingga. Selain itu, beliaulah yang mendefinisikan tentang perbandingan antar keliling lingkaran dan jari – jari lingkaran yang kemudian dikenal sebagai pi sebesar 3,1429. Semasa kerajaan Sycrauss diserang oleh kerajaan Romawi, Archimedes turut membantu melindungi Sycrause bahkan melawan Romawi atas perintah Raja Sycrause. Archimedes membuat kapal besar dengan sekrup yang dengan mudah menyedot air dari dek kapal, cermin Archimedes, katrol Archimedes dan banyak hal lainnya.

4) Euclid

sumber : thefamouspeople.com


Munhkin agak terdengar asing nama Euclid ditelingamu. Tapi tahukah kamu bahwa Euclid lah orang pertama kali yang mendemonstrasikan betapa kuatnya dan indahnya matematika menggunakan konsep postulat. Beliau disebut sebagai Bapak Geometri. Euclid pernah menerbitkan buku berjudul The Elements sekitar 300 SM yang mendefinisikan tentang konsep titik, garis, sudut, lingkaran, dan ilmu dasar lainnya. Bapak Geometri pernah membuat sebuah sekolah di Alexandria dan mengajar tentang Geometri di sekolah tersebut. Buku yang diterbitkan oleh Euclid membawa pengaruh besar pada penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan selanjutnya.


Mereka semua memiliki ketekunan dan keyakinan yang luar biasa. Sudah dipastikan mereka bukan pemalas dan mereka selalu bisa berinisiatif. Yang mereka pikirkan bukan masalah uang saja tapi kemajuan ilmu pengetahuan. Dari adanya matematikawan seperti mereka, ilmu pengetahuan dunia tentang matematika mengalami kemajuan. Bukan hanya matematika tapi juga hal lainnya.


Baca juga : Macam Macam Jurusan Komputer di Universitas (Ketahui Sebelum Terlambat)


*Diambil dari berbagai sumber