CSS/C++ Pemrograman Dasar Pengetahuan

Menampilkan Program C++ Ke Layar Menggunakan cout

Dalam C++, cout termasuk operator. fungsi operator cout adalah mencetak sesuatu yang kita tulis kelayar untuk ditampilkan.

Teman operator cout adalah cin. Kita akan membahas tentang operator cin lain kali. Agar bisa menggunakan cout, file header harus file header standard C++, yaitu iostream. Di iostream lah terdapat operator cout dan cin yang dapat digunakan untuk mencetak tampilan ke layar dan meminta masukan dari luar pada program C++.

contoh penggunaan cout untuk menampilkan program ke layar :

kode cout

Tampilan di layar yang dicetak oleh operator cout :

hasil tampilan

Kamu bisa mencetak tampilan ke layar menggunakan satu cout saja tanpa diulang untuk mencetak beberapa kata, kalimat, dan memori yang akan disambung.

contoh :

kode

Tampilan di layar :

hasil

Contoh ke 2 (kalimat dan memori atau isi variabel) :

kode

Tampilan pada layar contoh ke 2:

This image has an empty alt attribute; its file name is a6.jpg
tampilan

Untuk membuat baris baru kamu bisa menggunakan manipulator endl, yaitu supaya pada saat ditampilkan ke layar, barisnya berbeda dan tidak satu baris saja.

contoh :

kode

Tampilan Pada layar :

tampilan jadinya di layar

Lihat pada gambar diatas, pada tampilan tersebut kalimat i love programming memiliki baris yang berbeda dengan kalimat my favourite programming language is C++.

Selain ditulis endl, manipulator satu ini dapat ditulis menjadi lebih sederhana. Yaitu ditulis menjadi \n

contoh :

contoh kode

Tampilan pada layar :

tampilan hasil coding dilayar

Memakai \n sebagai manipulator untuk baris baru sangat sederhana, bahkan bisa digunakan untuk spasi baris. Jadi antara baris satu dengan baris selanjutnya ada jaraknya satu baris. Pada tampilan jadinya seperti baris pertama di isi, baris ke dua tidak diisi tapi baris ketiga memiliki isi.

Contoh :

Kodenya

Tampilan pada layar :

tampilan jadinya

Spasi baris berapa pun baris yang akan dilewati pun bisa. Jadi nggak cuman jarak satu baris aja yang bisa, jarak seratus baris pun bisa.

Ternyata cout bisa ditulis sekali untuk mencetak banyak tampilan berbeda baris ke layar. Satu baris pada kodenya tapi pada tampilannya bisa berbris – baris. Tapi ada syaratnya loh…… Manipulator endl harus ditulis \n pada kode dan harus ditulis setiap barisnya berbeda.

Contoh :

setiap kamu mau memisahkan baris secara ringkas menggunakan \n , kamu harus menggunakan \n disetiap belakang kode yang akan ditampilkan perbaris.

Hasilnya akan menjadi seperti ini pada tampilan layar :

tampilan pada layar.

Pada kode jika setiap kalimat sudah diberi \n dibelakangnya, maka berarti kalimat selanjutnya pada tampilan layar akan menempati baris baru dibawahnya.

Belum tau tentang struktur program C++ ? Padahal sebelum mempelajari C++ sangat disarankan untuk mengenali struktur prorgamnya. Berikut penjelasan struktur program C++

Terimakasih dan Semoga bermanfaat:)

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply