The Daily Journal

Mengenal Macam Macam Karat Emas

Mengenal Macam Macam Karat Emas ? Apa saja Mengenal Macam Macam Karat Emas ? Seperti apa macam macam karat emas? Apa itu karat emas?

Emas adalah salah satu logam mulia berharga yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Harga emas juga lumayan mahal dan emas memang bukan barang murahan. Perhiasan emas adalah perhiasan berbahan emas. Perhiasan emas harganya juga lumayan mahal sesuai karatnya.

Baca juga :
Manfaat – Manfaat Emas (Logam Mulia Yang Sudah Dipakai Manusia Sejak Zaman Dahulu)
Manfaat Bawang Merah Yang Harus Kamu Ketahui

Tahukah kamu? Emas memiliki karat, eits… Karatnya bukan karatan seperti besi ya. Apa itu karat emas? Karat emas adalah hal yang mengukur kemurnian dan kadar emas. Harga benda dan perhiasan emas tergantung dengan karatnya. Semakin besar karatnya, semakin mahal harganya. Wah ada berapa macam karat emas? Berapa yang paling besar?

Secara umum karat ada mulai 12 sampai 24 karat. Emas bersifat lunak. Oleh karena itu, emas harus dicampur dengan campuran lainnya agar kuat. Kandungan emas pada emas 12 sampai 24 karat sekitar 45% sampai 99,99%. Berikut ini penjelasan macam – macam karat emas :

1) Emas 12 karat

Emas 12 karat adalah emas dengan kadar emas 50%. Jadi emas 12 karat masih ada campurannya dan hanya mengandung 50% kadar emas. Emas 12 karat termasuk emas muda, harganya lebih murah daripada emas tua.

2) Emas 14 Karat

Emas 14 Karat adalah emas dengan kandungan kadar emas 58,3%. Emas ini masih termasuk emas muda karena kadar emasnya di bawah 70% dan harganya lebih murah daripada emas tua. Jadi emas ini memiliki campuran lainnya sekitar 42%. Emas ini tentunya memiliki harga yang lebih mahal daripada emas 12 karat.

3) Emas 18 karat

Emas 18 karat adalah emas dengan kandungan kadar emas 75%. Termasuk emas tua karen kadar emas diatas 70%. Harganya tentu lebih mahal daripada emas 14 Karat dan lebih mahal karena emas 18 karat termasuk emas tua. Campuran lainnya pada emas 18 karat sekitar 30%.

4) Emas 21 karat sampai 23 karat

Emas 21 karat sampai 23 karat merupakan emas tua. Tentunya harganya lebih mahal daripada ema 18 karat. Emas 21 karat memiliki kadar emas 87%, emas 22 karat memiliki kadar emas 91%, dan emas 23 karat memiliki kadar emas 95%. Campuran lainnya pada emas 21 karat, 22 karat, dan 23 karat lebih sedikit. Campuran lainnya pada emas 21 karat sekitar 13%, campuran lainnya pada emas 22 karat sekitar 9%, dan campuran lainnya pada emas 23 karat sekitar 5%.

5) Emas 24 karat

Emas 24 karena merupakan emas murni tanpa campura logam lainnya. Kadar emas yang terkandung pada emas 24 karat sekitar 99,99%. Biasanya emas 24 karat digunakan untuk emas batangan. Kenapa begitu? Karena sifat emas yang murni yang lunak membuat emas murni susah dibentuk menjadi perhiasan.

Itu dia macam macam karat emas. Bagaimana? Apakah kamu sudah tau mau beli emas berkarat berapa?

Baca juga : Apa Itu Genius Learning?

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)