Pengertian Tokenisasi ICO, STO, TSO, dan IEO

Pengertian Tokenisasi ICO, STO, TSO, dan IEO? Seperti apa pengertian tokenisasi ICO, STO, TSO, IEO? Bagaimana perbedaannya?

Teknologi semakin berkembang dan mengambil banyak bagian, termasuk finansial. Teknologi bisa menjadi mala petaka jika digunakan kurang hati – hati, bisa juga menjadi berkah. Teknologi sangat berpengaruh bagi melangsungkan hidup manusia modern. Salah satu teknologi yang memiliki manfaat untuk finansial adalah blockchain.

Baca juga :
Smart Contract Pada Blockchain Free TON
Manajemen Waktu Dengan Matriks Eisenhower

Blockchain adalah rantai blok yang saling terhubung, dimana tiap bloknya dapat mencatat transaksi, menyimpan catatan transaksi secara terbuka, dan aman. Bahan bakar untuk blockchain berupa koin digital yang disebut token. Tokenisasi dapat diperjualbelikan atau trading untuk mendapatkan keuntungan. Token dapat menjadi aset digital yang berharga. Karena sifat kebanyakan blockchain adalah terdesentralisasi, harga token ditentukan oleh pasar, dan kepercayaan masyarakat terhadap token tersebut.

Tokenisasi adalah proses pembentukan aset menjadi aset digital berupa token. Harapannya aset akan mudah digunakan, transparan, dan aman. Biasanya token yang berharga adalah token yang dipercaya oleh masyarakat. Perusahaan start up juga dapat mengeluarkan token untuk token untuk pendanaan perkembangan perusahaan. Oleh karena itu, tokenisasi termasuk dalam dunia bisnis dan investasi. Ada 4 jenis tokenisasi untuk dunia bisnis dan investasi yaitu ICO, STO, TSO, dan IEO yang akan dibahas perbedaannya. Berikut ini perbedaannya. Berikut ini perbedaan keempatnya :

1) ICO

Kepanjangan ICO adalah Initial Coin Offering. Perusahaan melakukan ICO untuk mendapatkan dana pengembangan perusahaan. ICO adalah penawaran coin atau token di awal sebelum diluncurkan ke pasar bebas oleh perusahaan. ICO dapat menjadi jalan alternatif untuk pengembangan start up. ICO berjalan secara online dimana perusahaan akan mengeluarkan token untuk ditawarkan. Token yang dikeluarkan lebih baik jika memiliki fungsi untuk perkembangan ekosistem blockchain milik perusahaan. Sederhananya masyarakat mendapatkan dua hal dari proyek ICO, yaitu fungsi dan token yang harganya dapat naik di masa depan. Namun perlu diingat untuk melakukan proyek ICO, perusahaan perlu menaati peraturan regulasi di negara masing – masing.

2) STO

Singkatan dari STO adalah Security Token Offering. Kemiripan dengan ICO adalah sama – sama ditawarkan di awal sebelum diterjunkan ke pasar bebas. Bedanya adalah token dari proyek STO menjadi bukti dari kepemilikan dari saham atau aset perusahaan yang mengadakan proyek STO. STO mengikuti undang – undang sekuritas dan setiap token dapat mewakili berapa persen kepemilikan saham perusahaan. Namun perlu diingat untuk melakukan proyek STO, perusahaan perlu menaati peraturan regulasi di negara masing – masing.

3) TSO

Singkatan dari TSO adalah Tokenized Security Offers. TSO membuka kesempatan untuk perusahaan rintisan mendapatkan dana pengembanhan. TSO merupakan pengelolaan kepemilikan aset, dimana aset ini berbentuk token. Perbedaan aset TSO dengan yang lain adalah aset TSO didigitalisasi dengan keamanan yang lebih tinggi. Namun perlu diingat untuk melakukan proyek TSO, perusahaan perlu menaati peraturan regulasi di negara masing – masing.

4) IEO

Singjatan IEO adalah Initial Exchange Offerings. IEO dijalankan untuk mendapatkan dana pengembangan usaha. Bedanya dengan tokenisasi yang lain adalah token ini dijual langsung di sebuah exchange kripto kurensi terpercaya. Contkh perusahaan yang memgadakan IEO adalah Tokenomy Launchpad, gate.io, dan Binance Launchpad. IEO memudahkan pengguna untuk berpartisipasi, cukup membuat akun di exchange yang sedang mengadakan IEO. Token IEO dapat bernilai di masa depan. Namun perlu diingat untuk melakukan proyek IEO, perusahaan perlu menaati peraturan regulasi di negara masing – masing.

Baca juga : Hidup Lebih Bahagia Dengan Ikigai

Sumber : Darmawan, Oscar. Sintha Rosse Kamlet. 2020. Tokenisasi (cara millenial modern menghasilkan uang). Jakarta: Jasakom.

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)