CSS/C++ Pemrograman Dasar Pengetahuan

Penjelasan Struktur Program C++ (Hello World)

Program C++ memiliki struktur. Struktur – struktur ini harus kamu kenali agar mudah mempelajari bahasa C++.

Sebuah program C++ adalah sebuah kumpulan perintah atau pernyataan. Kita akan mulai membuat program sederhana yang menampilkan Hello world menggunakan C++. Saya sarankan menggunakan CodeBlocks versi 16.01 untuk belajar. Langkah – langkah membuat program C++ di CodeBlocks.

Kode Hello World :

#include <iostream>
using namespace std;
int main () 
{
   cout << "Hello World" <<endl;
   return 0;
}

Bagian yang pertama adalah

#include <iostream>

Baris awal merupakan header. Tanda # dipakai untuk menargetkan pra – prosessor kompilator. include digunakan untuk memerintah. Sedangkan iostream merupakan file header. Banyak file header C++, tapi kita pakai file header iostream karena file header ini merupakan file header standard. Di kode nya file header harus dimasukkan dalam tanda <…….> seperti <iostream>. Kenapa header dibutuhkan? Agar dapat mengakses memori dan library – library yang ada sehingga suatu fungsi bisa digunakan dengan baik dan benar. Ringkasnya : include memerintahkan pra prosessor untuk memasukkan dan memeakai header iostream, yang mana dalam header tersebut terdapat library berisi kumpulan keyword dan function.

Kedua adalah bagian namespace

using namespace std;

Berguna untuk menyingkat dan menyederhanakan notasi yang ada pada library iostream. Jika sebuah program C++ tidak mendeklarasikan namespace pada baris setelah baris header, maka pada saat menggunakan cout ataupun cin wajib memberi std:: seperti std::cout. Setiap perintah dan lainnya wajib diberi std:: seperti endl:: . Tetapi jika sudah dideklarasikan dibaris setelah baris header, tidak perlu lagi menggunakan std:: jika ingin memakai cout dan lainnya.

Memakai namespace :

#include <iostream>
using namespace std;
int main () 
{
   cout << "Hello World" <<endl;
   return 0;
}

Tidak memakai namespace :

#include <iostream>
int main () 
{
   std::cout << "Hello World" <<std::endl;
   return 0;
}

Ketiga merupakan fungsi utama

int main ()

Merupakan titik awal seluruh program C++ yang akan dieksekusi. Termasuk fungsi utama yang dibaca kompilator pertama kali secara otomatis. Fungsi lain tidak dapat dibaca secara langsung dan duluan selain fungsi utama. Prorgam yang ada fungsi utamannya akan dibaca duluan oleh kompilator dan bagian ini juga wajib.

Blok

{ 
    cout << "Hello world" <<endl;
    return 0;
}

Disini ini pembahasa utamanya. Didalam blok terdapat program. Program yang tidak menggunakan blok, tidak akan berjalan. Blog adalah hal yang sangat wajib. Blog ditandai dengan { sebagai pembukan dan } sebagai penutup.

cout adalah perintah untuk menampilkan alias output. Sesuatu yang keluar untuk ditampilkan. Tanda “….” digunakan untuk memasukkan kata yang akan ditampilkan melalui penulis kode dan tidak disimpan dalam memori. Sedangkan tanda (<<) wajib digunakan pada setiap penggunaan cout dengan posisi yang seperti itu.

Untuk return o; adalah mengakhirir program. Bagian ini menyatakan pengembalian yang bertujuan memberitahu kepada sistem operasi kalau programnya telah selesai menggunakan nilai 0 yang artinya tidak ada kesalahan.

Tanda pembuka ( { ) wajib digunakan sebelum menuliskan kode program sedangkan penutup ( } ) wajin digunakan setelah kamu menulis kode.

Salam hangat dari admin, terimakasih dan semoga bermanfaat.

No Comments

    Leave a Reply