Perbedaan Kuota Umum dan Kuota Belajar

Perbedaan Kuota Umum dan Kuota Belajar

Perbedaan Kuota Umum dan Kuota Belajar? Apa saja Perbedaan Kuota Umum dan Kuota Belajar itu? Seperti apa perbedaannya?

Agar kita dapat belajar online dengan lancar kita memerlukan akses internet yang lancar. Kuota data atau paket data adalah layanan dari internet service provider yang membuat kita dapat menjelajahi dunia maya dan terhubung pada internet. Kita harus mengaktifkan paket data agar dapat terhubung dengan internet. Selain paket data, ada juga Wi-Fi yang dapat membuat kita terhubung dengan internet lebih cepat daripada paket data. Kenapa begitu? Karena Wi-Fi memiliki ber giga giga kuota internet. Di Indonesia sendiri, internet telah ada dan diperjualkan sejak thaun 1994. Pada saat itu, internet service provider satu – satunya adalah IndoNet. IndoNet dipimpin oleh bapak Sanjaya. Internet service provider pertama di Indonesia adalah IndoNet.

Selama belajar daring di masa pandemi, pernahkah kamu mendapatkan bantuan kuota data internet dari pemerintah? Atau pernahkah kamu membeli kuota belajar 10 GB hanya sepuluh rupiah dari Telkomsel? Kuota belajar tentunya berbeda dari kuota umum. Untuk saat ini, kuota belajar dari internet provider harganya lumayan murah. Sedangkan kuota umum harganya tetap. Perbedaan kedua jenis kuota ini yang sangat menonjol adalah harganya.

Baca juga :
Membuat Function atau Method Pada Bahasa Pemrograman Java

Kebiasaan – Kebiasaan Aneh Yang Sering Dilakukan Kucing

Kuota umum adalah kuota yang digunakan untuk mengakses semua hal yang ada didunia maya. Semua aplikasi dapat diakses dengan kuota umum. Kita bisa streaming, bermain sosial media, berseluncur di mesin pencari google, mengakses google classroom dan edmodo, chatting dengan keluarga, teman dan pacar, menonton video YouTube, berkarya di dunia digital, dan lainnya. Kita memiliki kebebasan dengan menggunakan kuota umum. Kebebasan tersebut tetap berbatas, batasannya adalah ketika kuotanya habis. Namun kita masih bisa membeli lagi kan hehe. Dengan kegunaan dan kebisaannya untuk mengakses berbagai hal di dunia maya, wajar jika kuota umum lebih mahal dibandingkan dengan kuota belajar.

Sedangkan kuota belajar adalah kuota yang dikhususkan untuk mengakses halaman web dan aplikasi e-learning. Kuota belajar ini tidak dapat mengakses semuanya, termasuk media sosial dan YouTube. Mengapa begitu? Karena kuota belajar dirancang agar melancarkan dan memudahkan siswa untuk mendapatkan akses belajar secara daring. Beberapa laman atau web yang dapat diakses menggunakan kuota belajar antara lain Ruang Guru, Quipper, Rumah Belajar, Sekolah.mu, Udemy, Zenius, Duolingo, dan lainnya. Sedangkan aplikasi yang dapat diakse menggunakan kuota belajar adalah Whatsapp, Microsoft Education, Quipper, Ruang Guru, Edmodo, Eduka System, Ganeca Digital, dan lainnya. Selain itu juga ada beberapa video conference yang dapat diakses menggunakan kuota belajar, diantaranya Google Meet, Microsoft Teams, U Meet Me, Zoom, dan Cisco Webex.

Baca juga : Beberapa Contoh Percakapan Bahasa Inggris serta terjemahannya

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)