The Daily Journal

Platform Digital Marketing Untuk Usaha di Masa Pandemi

Platform Digital Marketing Untuk Usaha di Masa Pandemi
Platform Digital Marketing Untuk Usaha di Masa Pandemi

Platform digital marketing untuk usaha di masa pandemi ? Apa saja platform digital marketing untuk usaha di masa pandemi? Seperti apa fitur fitur untuk digital marketing?

Digital marketing atau pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran produk melalui media digital untuk menjangkau konsumen yang lebih relevan dan tepat waktu. Digital marketing lebih disukai karena bersifat pribadi langsung pada konsumen. Salah satu platform yang bisa digunakan untuk digital marketing adalah email. Di zaman ini, bisnis sangat erat dengan digital marketing. Apalagi saat pandemi  seperti ini. Semua serba online, iklan pun harus online dan lebih menarik. Kita tidak mungkin membiarkan bisnis bangkrut. Ada triknya nih supaya bisnis jauh dari gulung tikar yaitu menggunakan digital marketing.

Baca juga :
CMD VS Windows PowerShell
Apa itu Intent ? Yuk Berkenalan Dengan Intent

Kenapa menggunakan digital marketing? Digital marketing dapat menjangkau target pasar yang lebih luas, biaya lebih kecil dibandingkan harus pasang banyak banner di pinggir jalan maupun pasang iklan di TV. Selain itu, digital marketing dapat dipakai untuk semua jenis bisnis, dapat menjangkau banyak konsumen yang spesifik membangun bran, dan dapat meningkatkan pendapatan. Platform apa saja yang digunakan untuk melancarkan digital marketing? Ada Whatsapp Bisnis, Google Bisnisku, Email Marketing, dan lainnya. Untuk sekarang kita akan bahas lima platform di atas dulu ya.

1) Whatsapp Bisnis

Whatsapp merupakan aplikasi pesan yang banyak digunakan di dunia. Whatsapp hadir dengan dua jenis loh, yaitu Whatsapp pribadi dan Whatsapp Bisnis. Mendengar kata “bisnis” saja kita sudah tau Whatsapp bisnis untuk bisnis. Apa saja fitur Whatsapp Bisnis untuk melancarkan digital marketing? Click to chat, Automated Messages, menyimpan kontak yang masuk, melabeli bisnis, dan berintegrasi dengan saluran pemasaran lainnya. Whastapp Bisnis tidak memerlukan banyak modal, hanya bermodal kuota dan strategi berjualan.

2) Google Bisnisku

Google Bisnisku ini sangat penting untuk usaha online. Dari Google Bisnisku, konsumen akan mendapatkan info tentang produk dan usaha Anda. Dengan Google Bisnisku kita bisa melancarkan digital marketing melalui foto, info, dan letak usaha. Konsumen akan melakukan riset online sebelum membeli melalui Google. Usaha kita bisa muncul di halaman Google saat calon pembeli melakukan pencarian produk atau merek yang kita gunakan untuk usaha. Google Bisnisku juga ada fitur rating dan ulasan, sehingga rating dan ulasan baik yang konsumen kirim akan tampil dan mengundang calon – calon konsumen yang sedang riset online.

3) Email Marketing

Email marketing adalah platform email yang akan memudahkan Anda untuk beriklan, membagi informasi, yang bersifat pribadi pada konsumen maupun calon konsumen. Fitur email marketing berbeda dengan email biasa. Banyak hal – hal yang dapat kita lakukan untuk melancarkan digital marketing menggunakan email marketing. Diantaranya menangkap calon pembeli dari website saat calon pembeli ingin diberikan info lebih lanjut, mengirim broadcast email, menambah tim dan mengelola tim, memproses email marketing secara otomatis.

4) Social Media Marketing

Social media marketing adalah marketing melalui sosial media yang sering dipakai oleh masyarakat seperti YouTube, Instagram, FaceBook, Twitter, dan lainnya. Mengapa membutuhkan sosial media marketing untuk melakukan digital marketing? Kita perlu memberitahu pada public bisnis apa yang sedang kita jalankan, produk apa yang sedang kita jual, jasa apa yang kita tawarkan. Selain itu, kita juga bisa memasang testi positif dari konsumen yang sudah membeli produk/jasa kita, menghubungi dan dihubungi konsumen secara langsung, beriklan lebih murah, dan menginformasikan produk baru jika ada produk baru ke public.

5) Website

Ingin bisnismu lebih professional? Pakai website untuk official bisnismu. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan website sebagai platform digital marketing. Diantaranya lebih terlihat bisa dipercaya, branding usaha dan merek, mudah dicari dan dikenali, mudah memberikan info mengenali produk, dan masih banyak lagi lainnya. Dari website, kita bisa menggunakan digital marketing dari sosial media official yang diinfokan melalui website dan Email marketing yang diinfokan di website. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan subscribers berupa email calon pembeli yang ingin info terbaru usaha kita. Dari website kita bisa mendapatkan data – data pelanggan.

Anda sudah mengerti digital marketing dan lima platform yang sering digunakan untuk melancarkan digital marketing. Tambah wawasan Anda tentang digital marketing di Codeva Academy yang menyediakan kursus digital marketing. Di Codeva Anda akan belajar banyak tentang digital marketing, mulai dari strategi digital marketing menggunakan SEO dan Social Media Marketing.

Codeva Academy tidak hanya menyediakan kursus digital marketing. Bagi Anda yang mau belajar programming, Codeva Academy juga menyediakan kursusan untuk belajar programming. Kursusan programming yang disediakan oleh Codeva Academy diantaranya Fullstack development, dan Data Science & Machine Learning. Anda bisa cek dan ikuti instagram Codeva Academy untuk selalu mendapatkan informasi tentang bootcamp programming dan beberapa tips & trik. Yuk jangan buang kesempatan.

Media Sosial Codeva Academy lainnya yang bisa Anda ikuti adalah Facebook Codeva Academy dan Twitter Codeva. Untuk channel YouTube Codeva Academy, silahkan klik disini.

Baca juga : Cara Berpindah Activity Menggunakan Intent Pada Android Studio (++ Tutorial)

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)