Present Continuous Tense Dan Rumusnya

Present Continuous Tense ?Apa sih present continuous tense? Seperti apa bentuk dan rumusnya? Bagaimana rumusnya? Bagaimana cara menggunakannya?

Setelah membahas Simple Tenses kita akan melangkah / naik tingkat ke Continuous tense. Gampang atau susah? tenang aja gampang kok. Ayo kita pelajari bersama-sama.

Present Continuous Tense adalah bentuk tense yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang sedang dikerjakan sekarang. Seperti : Ana sedang makan nasi goreng. Karena ada kata ‘sedang’ berarti dia lagi makan nasi gorengnya dan dia makannya sekarang. Tense ini menggunakan V-ing, to be di gabung dengan V-ing menjadi bermakna ‘sedang’ dalam bahasa Indonesia.

Baca juga :
Simple Future Tense Beserta Penjelasannya dan Rumusnya
Penjelasan Simple Past Tense

Rumus Present Continuous Tense :

  • (+) S + is/am/are + V-ing + O
  • (-) S + is/am/are + not + V-ing + O
  • (?) Is/am/are + S + V-ing + O ?
  • (-?) Is/am/are + not + S + V-ing + O ?

Untuk V-ing bisa langsung dibuat seperti, Eat menjadi Eating. Tetapi ada beberapa verb yang tidak bisa dijadikan V-ing seperti, kata kerja yang melibatkan panca indra dan masih banyak lagi dan kita akan membahasnya lagi dengan judul beda yang fokus kesana setelah pembahasan semua tenses.

Tentu kamu masih semangat untuk belajar, bukan? Ayo bangkitkan gairah belajarmu, tentukan goals yang mau kamu raih dan raihlah. Tidak ada yang tidak mungkin selama kamu konsisten. Ingatlah bahwa tidak ada kejayaan yang dibangun dalam semalam. Untuk mendapatkan sesuatu, kamu harus kehilangan sesuatu seperti jam tidur dan jam bermain. Tapi yakinkan dirimu, semua itu bukan hanya mimpi karena kamu mengerjakannya. Jangan takut memulai dari nol, karena butuh angka nol untuk angka 10. Butuh awalan untuk akhiran. Hanya kamu yang dapat menentukan bagaimana akhiranmu. Selamat belajar dan berjuang, semoga sukses!

Sampai berjumpa lagi ya semoga bermanfaat, terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *