The Daily Journal

Sejak Kapan Ada Listrik? Begini Awal Mulanya

Sejak Kapan Ada Listrik? Siapa Penemu Listrik? Sejak Kapan Ada Listrik di Indonesia? Bagaimana Awal Mulanya?

Kita tahu hampir semua kegiatan yang dilakukan pada zaman sekarang membutuhkan listrik sebagai tenaga utamanya. Seperti baterai smartphone, tv, lampu, baterai laptop, penanak nasi, treadmill, setrika, mesin cuci, kompor listrik, Wi-Fi, mesin – mesin, dan lain sebagainya. Tanpa listrik, kehidupan menjadi kurang produktif. Bayangkan saja jika tidak ada listrik, lampu pakai minyak, mesin – mesin canggih tidak akan bisa hidup dengan baik. Bagaimana kehidupan akan lebih produktif?

Baca juga :
Berani Menjadi Diri Sendiri, Berani Menggapai Mimpi
Tips dan Trik Memilih Laptop Yang Sesuai

Menurut KKBI, listrik merupakan suatu daya atau energy yang muncul dikarenakan terjadinya geseran ataupun melalui sebab proses fisika. Siapa penemu listrik? Listrik ditemukan oleh Michael Faraday. Kita bisa menyebut Michael Faraday sebagai Bapak Listrik. Michael Faraday menemukan listrik pada tahun 1821 pada saat dia menemukan motor listrik.

Perlu diketahui bahwa bapak listrik Cuma lulusan SD tapi beliau rajin baca buku ilmiah. Michael Faraday bukan anak orang kaya, ayahnya bekerja sebagai tukang besi dan harus memberi makan 10 anak – anaknya. Michael Faraday terpaksa putus sekolah untuk membantu ekonomi keluarganya. Faraday bisa membaca buku – buku ilmu pengetahuan alam karena beliau bekerja sebagai penjual buku dan penjilid buku.

Salah satu idola Michael Faraday Sir Humphry Davy, seorang ahli kimia kepala Laboratorium Royal yang juga merupakan dosen Universitas terkenal di London. Sejak umur 20 tahun, Faraday rajin mengikuti seminar – seminar Sir Humphry Davy. Michael Faraday mengikuti seminar – seminar dengan baik dan membuat catatan yang teliti. Kemudian catatan – catatan tersebut dikirimkan ke Sir Humphry Davy bersama surat lamaran.

Akhirnya di umur yang ke 21 tahun, beliau menjadi asisten Dosen terkenal Sir Humphry Davy. Michael Faraday menjadi asisten di Laboratoriumnya. Tentunya Faraday banyak menemukan penemuan – penemuan baru. Sir Murphy Davy mengantarkan Michael Faraday kepada penemuan baru yang ditemukannya. Sampai Michael Faraday menemukan penemuan yang sangat penting di bidang listrik pada tahun 1821. Penemuan beliau memang tergolong primitif. Namun, penemuan motor listriknya merupakan nenek moyang dari bidang listrik pada saat ini.

Seorang penemu hebat seperti Michael Faraday ternyata hidupnya sangat sederhana. Beliau secara otodidak dan merupakan orang yang rajin. Penemannya membawa kemajuan bagi peradaban manusia. Karena kesederhanaannya, beliau menolak ketika diberikan gelar kebangsawanan. Michael Faraday berilmu dan membantu tapi tetap sederhana.

Di Indonesia Sejak Kapan Ada Listrk? Di Indonesia, perusahaan kelistrikan pertama adalah ANIEM (Algemeene Nederlandsche Indische Electriciteit Maatschappij) yang berada di Surabya. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan penyedia listrik di Belanda. Terus berkembang hingga ada beberapa bangunan untuk perusahaan listrik di beberapa kota di Indonesia. Namun setelah Indonesia merdeka, barulah pemerintah Indonesia sebenarnya menetapkan Perusahaan Listrik dan Gas pada 27 Oktober 1945.

Baca juga : Mengapa Gen Z Membutuhkan Laptop Dengan Performa Terbaik?

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)