Josi Kie

Dasar Pemrograman Java (1)

Dasar Pemrograman Java (1)

Dasar bahasa pemrograman Java? Seperti apa saja ya? Kita akan memulai belajar bahasa pemrograman Java. Selamat, ini adalah langkah pertama untuk belajar bahasa pemrograman Java, setelah langkah instalasi pastinya. Belum melakukan langkah instalasi? Silahkan kunjungi...

Apa Itu Java API ?

Apa Itu Java API ?

Tahukah kamu? Java memiliki API yang dapat memudahkan kita mengembangkan sebuah aplikasi. Apa itu Java API? Kenapa kita butuh API? Mari simak dibawah ini. Baca juga : Java dan Sejarah Kehadirannya API adalah singkatan dari Application Programming Interface. Tujuan...

Java dan Sejarah Kehadirannya

Java dan Sejarah Kehadirannya

Tahukah kamu? Java adalah bahasa pemrograman ajaib yang dapat menghasilkan aplikasi pada dekstop, smartphone, smartwatch, TV, web, dan lainnya. Bahasa pemrograman Java sangat berguna bagi perkembangan teknologi di Bumi. Wah, hebatnya bahasa pemrograman satu ini....

C++ memiliki asal usulnya sendiri. Bahasa pemrograman yang satu ini ditemukan pada tahun 1980.

Awalnya bahasa c++ adalah turunan bahasa C. Bahasa C dikembangkan di Bell lab pada tahun 1972 oleh Brian W. Kernighan dan Denies M. Ritchie. Bahasa satu ini juga merupakan turunan dari bahasa B yang ditulis oleh Ken Thompson pada tahun 1970.

Bahasa C++ lahir pada tahun 1980 di AT & T Bell Laboratories. Dia dibuat berdasarkan C ANSI (American National Standard Institute). Yang membuat bahasa pemrograman ini adalah Bjarne Stroustrup. Pertama kalinya bahasa pemrograman ini disebut “C with class” atau C yang difasilitasi dengan kelas. Diketahui kompiler dari C with Class ini adalah Cfront yang berasal dari kompiler C.

Pada tahun 1983, C dengan kelas berubah menjadi C++, nama tersebut diganti oleh Rick Mascitti. Karena berubah nama, tentunnya bahasa ini dilengkapi fitur fitur yang baru seperti Fungsi virtual, fungsi overloading, reference dengan simbol “&”, kata kunci “const” & comment untuk satu baris tertentu memakai “//”. Kenapa nama C with Class diubah menjadi C++? Karena C++ berarti C+1 yaitu nilai yang melambangkan dukungan terhadap pemrograman berorientasi objek. Ingin tahu lebih lanjut tentang pemrograman berorientasi objek? Silahkan klik disini. Jadi c++ adalah bahasa pemrograman yang memiliki kemampuan terhadap pemrograman berorientasi objek. Hampir semua yang dilakukan di C bisa juga dilakukan di C++, namun tidak jika sebaliknya.

Pada tahun 1993, kompiler Cfront ditinggalkan karena dianggap sulit untuk mengintegrasikan fitur baru kedalamnya. Perusahaan Broland International pun merilis kompiler C++ yang baru yaitu Borland C++ dan Turbo C++. Keduanya sama sama berfungsi untuk mengkompilasi kode C++, hanya saja Borland C++ dapat digunakan dibawah lingkungan DOS & Windows. Sebenarnya banyak perusahaan lain yang juga merilis kompiler C++, sperti Tospeed C++ dan Zortech C++.

Di tahun 1985 Stroustrup membuat buku referensi dengan judul “The C++ Programming Language”. Ditahun yang sama pun, C++ menjadi produk komersial walaupun belum resmi di standarkan. Kemudia diperbaharui lagi untuk memasukkan protected dan static member, inheritance pada tahun 1989. Setahun kemudian buku tentang C++ lainnya juga dirilis dan kompiler Borland C++ dan Turbo C++ resmi dirilis menjadi produk komersial.

Turbo C++ menambahkan banyak library tambahan, rilis Turbo C++ terakhir yang stabil adalah pada tahun 2006. tetapi, sampai sekarang Turbo C++ masih banyak digunakan.

Di tahun 1998 panitia standard C++ menerbitkan standar internasional yang pertama kali untuk C++ ISO/IEC 14882:1998. Namun pada tahun 2003, ada beberapa masalah yang dilaporkan terhadap C++ standard mereka. Kemudian diperbarui dan dijuluki dengan nama C++ 03. Pada tahun 2005, panitia standar C++ merilis laporan teknis yang dijuluki TR1 ( rincian fitur ). Panitia standar berencana untuk menambah standard baru pada C++, standard baru ini diharapkan selesai rilis sebelum akhir dekade pertama. Tapi sayangnya baru dirilis pada pertengahan 2011 dengan nama C++ 11 yang merupakn standard baru. C++ disetujui oleh ISO/IEC pada 12 Agustus 2011 yang diterbitkan sebagai 14882:11.

Beberapa fitur baru yang termasuk dukungan ekspresi regular adalah sebuah library pengacakan komprehensif, perpustakaan threading standard, fungsi baru untuk pengulangan, foreach loop, kata kunci Awto, Class New Container, dukungan yang lebih baik untuk daftar inisialisasi Array, dan variadic Template.

Terakhir kali standard baru C++ dirilis adalah pada tahun 2017, ysitu C++ 17 dengan nama ISO/IEC 14882:2017.

*diambil dari berbagai sumber

Terimakasih dan semoga bermanfaat:)