Sejarah Terlahirnya Framework Ajaib Laravel

Sejarah terlahirnya framework Laravel yang ajaib? Seperti apa sejarah terlahirnya framework Laravel yang ajaib? Yuk ketahui sejarah framework favorit satu ini!

Laravel terkenal sebagai framework yang dapat melakukan banyak hal – hal magic, mulai dari menyiapkan kepentingan proses login, ui sederhana bootstrap dan tailwind css, dan lain – lainnya. Konsep yang digunakan framework ini juga memudahkan pengembang atau developer yaitu MVC (Model, View, Controller). Tentunya hal – hal tersebut membuat framework satu ini populer dan banyak digemari. Laravel adalah salah satu framework PHP. Pertama kali framework ini dibuat oleh Taylor Otwell, proyek dilaksanakan mulai tahun 2011. Perilisan versi pertama framework Laravel pada bulan Juni 2011. Pada perilisan pertama, Laravel belum menganut konsep MVC sebab di saat itu controller Laravel belum didukung sepenuhnya. Terdapat beberapa fitur ajaib pada saat rilis pertama kali, yaitu authentication, sessions, views, eloquent, routing, models, dan lain – lainnya.

Baca juga :
Berkenalan Dengan Free TON Blockchain
Kesalahpahaman Umum Tentang Blockchain dan Bitcoin

Laravel adalah framework untuk membuay web yang open source. Sebagai framework, Laravel sangat memudahkan pengembang untuk mengembangkan website. Pencipta Laravel yaitu Taylor Otwell menciptakan framework ini karena tidak menemukan framework PHP yang sesuai dengan perkembangan jaman. Pada saat itu framework PHP yang terkenal adalah CodeIgniter. Perkembangan Laravel dimulai dari tahun 2011 dimana Laravel masih menggunakan PHP 5.3. PHP 5.3 sudah bisa berorientasi obyek. Oleh karena itu, Laravel adalah framework PHP dengan pemrograman yang berorientasi obyek. Masih pada tahun yang sama, Laravel rilis untuk yang kedua pada tanggal 24 November 2011. Perilisan ini bertujuan menambahkan beberapa fitur baru untuk Laravel, yaitu engine template, dukungan controller, dan penggunaan invers. Di perilisan inilah, Laravel resmi menggunakan MVC (Model View Controller).

Perilisan Laravel 3 dilakukan pada tanggal 22 Februari 2012. Fokus utama pada perilisan ini adalah artisan command line interface, unit test integration, database migration, session driver, dan database driver. Keajaiban Laravel bertambah karena artisan command line interface difokuskan. Laravel 3 stabil untuk beberapa bulan, hingga bulan kelima dari rilisnya Laravel 3, pembuat Laravel menulis ulang framework Laravel lalu dibuat menjadi satu paket dengan tujuan didistribusikan menggunakan composer. Laravel 4 rilis pada tanggal 24 Mei 2004. Di rilis yang keempat ini, Laravel sudah berupa Illuminate dan menggunakan composer untuk mengelola paketnya.

Upgrade Laravel tidak hanya sampai di Laravel 4. Saat artikel ini ditulis, Laravel sudah merilis Laravel 8 yang lebih ajaib dibandingkan Laravel versi sebelumnya. Di Laravel 8, kita menggunakan Tailwind CSS jika mengikuti theme authentication bawaan Laravel. Laravel 8 memiliki fitur baru yang keren yaitu Laravel Jetstream, dimana menggunakan Tailwind CSS untuk scafolding dengan dua pilihan desain yaitu inertia atau livewire. Ajaib sekali, kita dapat cepat membuat fitur Auth dan CRUD website menggunakan livewire dan cukup sangat mudah untuk diikuti. Silahkan klik disini untuk melihat dokumentasi lengkap resmi dan lengkap dari Laravel.

Baca juga : Komunitas dan Sistem Terdesentralisasi Memiliki Banyak Kemiripan

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)