Josi Kie

Dasar Pemrograman Java (1)

Dasar Pemrograman Java (1)

Dasar bahasa pemrograman Java? Seperti apa saja ya? Kita akan memulai belajar bahasa pemrograman Java. Selamat, ini adalah langkah pertama untuk belajar bahasa pemrograman Java, setelah langkah instalasi pastinya. Belum melakukan langkah instalasi? Silahkan kunjungi...

Apa Itu Java API ?

Apa Itu Java API ?

Tahukah kamu? Java memiliki API yang dapat memudahkan kita mengembangkan sebuah aplikasi. Apa itu Java API? Kenapa kita butuh API? Mari simak dibawah ini. Baca juga : Java dan Sejarah Kehadirannya API adalah singkatan dari Application Programming Interface. Tujuan...

Java dan Sejarah Kehadirannya

Java dan Sejarah Kehadirannya

Tahukah kamu? Java adalah bahasa pemrograman ajaib yang dapat menghasilkan aplikasi pada dekstop, smartphone, smartwatch, TV, web, dan lainnya. Bahasa pemrograman Java sangat berguna bagi perkembangan teknologi di Bumi. Wah, hebatnya bahasa pemrograman satu ini....

Halo semuanya…. josikie akan menjelaskan tentang apa itu OOP ( Objected – Oriented – Programming ).

Pernahkah kamu mendengar tentang OOP? Sebenarnya apa sih OOP itu? OOP adalah singkatan dari Object oriented Programming atau dalam Bahasa Indonesianya PBO yaitu Pemrograman Berorientasi Objek.

Orientasi Objek sendiri merupakan suatu pendekatan terhadap solusi permasalahan dimana seluruh perhitungan dilakukan dalam konteks objek.

Dengan adanya OOP, dalam melakukan pemecahan suatu masalah, kita tidak akan melihat bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah tersebut (terstruktur) tetapi yang akan kita lihat adalah objek objek apa dan yang mana yang dapat melakukan pemecahan masalah tersebut.

Namun, sepertinya OOP dibuat untuk JAVA walaupun ada juga dalam beberapa bahasa pemrograman lainnya:D Berikut beberapa bahasa pemrograman yang menggunakan OOP :

  1. Visual Foxpro,
  2. C++,
  3. JAVA,
  4. Pascal,
  5. Visual Basic.NET,
  6. SIMULA,
  7. PHP,
  8. Smalltalk,
  9. Ruby,
  10. Python,
  11. C#,
  12. Delphi,
  13. Eiffel,
  14. Perl.

OOP itu termasuk teknik pemrograman modern yang lebih efisien dan memiliki konsep – konsep dasar. Berikut konsep – konsep dasar dalam OOP :

  1. Class : Kumpulan atas definisi data dan fungsi – fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Class ini berisi definisi variabel dan fungsi yang menggambarkan suatu objek. Contoh dari class adalah class Vehicle, Fruit, dan lainnya.
  2. Objek : konsep yang membungkus dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam pemrograman komputer. Objek sendiri dalam pemrograman adalah variabel wujud dari class. Contoh : dari class Fruit kita bisa membuat objek Mangga, pisang dan lain – lain.
  3. Method : Operasi yang berupa fungsi – fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek. Method didefinisikan pada class tapi dipanggil melalui objek. Contoh : pada objek Mangga : terdapat method potongDaging, kupasKulit. Metode dapat menentukan perilaku objek, yaitu apa yang terjadi ketika objek itu dibuat dan berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya. 4 dasar metode adalah nama metode, tipe objek, daftar parameter, badan atau isi metode.
  4. Behavior : Kelakuan atau sifat dari objek yang sapat dilakukan oleh objek. Contoh : api bisa membakar.
  5. Abstraksi : Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diperluas olehnya, lebih tepatnya kemampuan untuk memfokus pada inti. Abstraksi juga bisa didefinisikan sebagai suatu cara untuk melihat suatu objek dalam bentuk yang lebih sederhana.
  6. Enkapsulasi : konsep dasar untuk memastikan penggunaan sebuah objek tidak dapat menggantu keadaan dalam sebuah objek dengan cara yang tidak layak, hanya metode dalam objek tersebut yang diberi ijin mengakses keadaannya. Setiap objek tidak akan tau dan juga tergantung kepada representasi dalam objek lain. Tetapi setiap objek dapat mengakses interface yang menyebutkan bagaimana cara objek lainnya dapat berinteraksi dengannya.
  7. Polimorfisme : Sebuah kemampuan untuk mengerjakan pesan yang dikirim dengan kemampuannya sendiri, kaerena sebuah variabel tunggal dalam program dapat memegang berbagai jenis objek yang berbeda selagi program berjalan dan teks program yang sama dapat memanggil beberapa metode yang berbeda disaat yang berbeda dalam panggilan yang sama.

Bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek lebih mudah karena fokus pada apa yang digunakan untuk menyelesaikan masalah alias memiliki fasilitas atau alat yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah daripada berpikir bagaimana cara menyelesaikan masalah dengan cara terjun langsung.

terimakasih dan semoga bermanfaat:)

*diambil dari berbagai sumber.