The Daily Journal

Siapa Itu Hal Finney? Hal Finney dan Perannya Untuk Bitcoin

Siapa Itu Hal Finney?
Siapa Itu Hal Finney?

Siapa Itu Hal Finney? Bagaimana kisah hidupnya? Siapa Itu Hal Finney dan apa perannya pada kemunculan Bitcoin?

Hal Finney merupakan seorang kriptografer yang terkenal. Beliau lahir pada 4 Mei 1956 dan telah meninggal dunia pada 28 Agustus 2014. Beliau terakhir bekerja sebagai pengembang di PGP Corporation sampai pensiun di tahun 2011. Beliau merupakan lulusan Caltech dan lulus pada tahun 1979. Jurusan yang diambilnya semasa kuliah adalah computer science. Diketahui bahwa Hal Finney dicap paling pintar oleh teman – temannya. Bisa dikatakan bahwa beliau sangat cerdas. Sebelum Bitcoin tercipta. Setelah mulai bekerja di PGP, Hal Finney baru tertarik dengan kriptografi dan uang digital. Beliau mengelola dua layanan penerima dan pengirim pesan yang dapat mengirim dan menerima pesan secara anonim. Layanan ini menggunakan teknologi kriptografi untuk dijalankan.

Mendengar kata Bitcoin pasti akan teringat pada Satoshi Nakamoto, penemu dan pembuat Bitcoin yang sosoknya anonim dan belum diketahui siapa aslinya. Tetapi ada seseorang lainnya yang mendukung adanya bitcoin dari bitcoin . Seseorang itu adalah Hal Finney. Hal Finney memiliki peran yang hebat pada awal mula adanya Bitcoin. Dia adalah satu satunya yang pertama yang memberikan feedback bagus mengenai Bitcoin pada Satoshi Nakamoto disaat Satoshi Nakamoto pertama kali memosting whitepaper tentang Bitcoin di milis. Sebenarnya ada tiga balasan yang Satoshi Nakamoto dapatkan namun hanya satu saja balasan yang positif tentang Bitcoin dan balasan positif tersebut didapat dari Hal Finney. Tentunya balasan positif dari satu orang mampu membuat Satoshi Nakamoto semangat. Bahkan pesan atau feedback yang diberikan Hal Finney mendorong Satoshi Nakamoto untuk mengembangkan Bitcoin lebih lanjut.

Baca juga :
Berkenalan Dengan Free TON Blockchain
Memperbanyak Kaktus dengan Penyemaian Biji

Apa itu Bitcoin? Mengapa dua orang memilih memberikan feedback yang buruk pada whitepaper yang diupload oleh Satoshi Nakamoto? Bitcoin adalah sistem asset digital atau uang digital yang dikembangkan menggunakan teknologi blockchain. Bitcoin sepenuhnya peer to peer, jadi tidak memerlukan pihak ketiga. Ini masih menimbulkan pro dan kontra hingga saat ini. Kabarnya Bitcoin tidak memiliki biaya admin untuk melakukan transaksi karena pengurus atau bisa disebut penambang dibayar oleh sistem Bitcoin untuk beberapa block transaksi.

Pertama kali whitepaper tentang Bitcoin diupload oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2008 di milis metzdowd. com yaitu, milis cryptography. Milis adalah singkatan dari mailing list, bisa juga disebut sebagai tempat diskusi sebuah grup di Internet. Orang – orang yang merupakan anggota dari milis memiliki kebisaan untuk membaca surat dari orang lain yang mana surat itu dapat dibalas.

Hal Finney menjadi orang kedua setelah Satoshi Nakamoto yang menambang Bitcoin. Beliau juga orang pertama yang menerima Bitcoin dari Satoshi Nakamoto. Hal Finney dan Satoshi Nakamoto melakukan percobaan pada Bitcoin. Beliau mencari bug pada Bitcoin lalu melaporkannya pada Satoshi Nakamoto untuk diperbaiki. Hal Finney memiliki peran yang lumayan banyak pada pengembangan awal Bitcoin yang sampai saat ini harganya tinggi.

Ada rumor bahwa sebenarnya Satoshi Nakamoto adalah Hal Finney sendiri. Dugaan – dugaan tersebut dikarenakan Hal Finney sangat cerdas dan diketahui sebagai salah satu orang pertama yang mengetahui Bitcoin. Ia juga menjadi orang yang sangat dekat dengan Satoshi Nakamoto hingga melakukan percobaan Bitcoin bersama dengan Satoshi Nakamoto. Beliau juga pernah mengembangkan uang berbasis kriptografinya sendiri sehingga banyak dugaan bahwa beliaulah Satoshi Nakamoto itu. Ada penguat lainnya yaitu ketika Satoshi Nakamoto menghilang, pada saat itu juga Hal Finney pension dari pekerjaannya. Hal Finney sendiri pada tahun 2009 didiagnosis sebuah penyakit yang disebut ALS hingga tahun 2011 bersamaan dengan menghilangnya Satoshi Nakamoto, Hal Finney pensiun dari pekerjaannya. Hal yang disayangkan adalah Hal Finney sudah meninggal pada tahun 2014. Beliau bisa dikatakan sebagai seorang pahlawan cryptocurrency yang membuka jalan Bitcoin setelah Satoshi Nakamoto.

Satoshi Nakamoto memang menghilang namun beliau meninggalkan sesuatu yang akan berguna bagi banyak orang sebelum menghilang. Beliau memberikan kunci dan kode kepada Gavin Andresen dan juga mentransferkan domain pada anggota komunitas. Akun Satoshi Nakamoto memiliki sekitar 1.000.000 Bitcoin dan Bitcoin – Bitcoin yang berada di akunnya diketahui belum pernah bergerak hingga tahun 2020. Sekitar Mei  2020, untuk pertama kalinya 50 Bitcoin bergerak. Hal ini menimbulkan banyak isu dan banyak anggapan bahwa 50 Bitcoin tersebut milik Satoshi Nakamoto. Sempat membuat heboh dunia Internet.

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)

Baca juga : Kaktus Sanggul (Rebutia crainziana Cristata)