The Daily Journal

Siapa Itu Nikola Tesla? Berikut Biografinya

Siapa itu Nikola Tesla? Kenapa namanya sering muncul di pelajaran sekolah?

Nikola Tesla adalah seorang ilmuwan penemu penting di Bumi. Tanpa Tesla, mungkin jaman tidak semaju sekarang. Beliau dianggap sebagai salah satu penemu terpenting di Bumi. Bagaimana tidak? Pemikirannya selalu luar biasa daripada orang – orang pada jamannya. Berkat pemikiran anehnya, kita sekarang dapat memiliki sepeda listrik dan beberapa alat listrik lainnya. Beliau terkenal sebagai ilmuwan gila karena pemikiran anehnya. Namun pemikiraan anehnya inilah yang membuat beberapa perkembangan pada ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca juga : Tempat Penggalangan Dana Secara Online Untuk Kebakaran Di Australia

Upaya dan pemikiran Tesla membuat kita dapat memakai listrik secara leluasa. Pada jamannya, Tesla berhasil memanfaatkan listrik secara massal sehingga seluruh dunia dapat merasakan manfaat listrik dengan efisien.

Pada 10 Juli 1856, Nikola Tesla lahir di Smijian, Kerajaan Austria(Kroasia). Tesla dilahirkan dari seorang ibu rumah tangga dan seorang pendeta. Kemampuan berpikir Nikola Tesla diturunkan dari ibumya. Ibu Tesla memiliki bakat untuk membuat alat – alat mekanik. Tesla tertarik pada listrik adalah ketika ia melihat pertunjukan penggunaan listrik oleh profesornya di sekolah. Tesla sangat tertarik dan beliau penasaran. Akhirnya beliau memutuskan untuk melanjutkan kuliah Teknik. Awalnya ayah Tesla tidak menyetujui Tesla untuk kuliah Teknik, ayah Tesla menyarankan Tesla untuk menjadi Tentara atau menjadi pendeta seperti dirinya. Namun karena Tesla sakit dan beralasan akan hidup jika masuk kuliah Teknik, akhirnya ayah Tesla setuju untuk menguliahkan Tesla di jurusan Teknik.  

Tesla kuliah jurusan Teknik di Graz University of Technology. Pada tahun pertama semuanya berjalan lancar dengan semangat Tesla, nilai Tesla bagus dan tidak kurang. Beliau sangat rajin belajar, bahkan di hari libur pun tetap belajar. Namun menginjak tahun ke dua, kuliahnya mulai kacau. Tesla ternyata ketagihan bermain judi dan mempertaruhkan semua unag kuliah dan uang sakunya sehingga beliau di drop-out oleh kampusnya.

Kelebihan luar biasa Tesla adalah photographic memory. Tesla dapat membuat sesuatu dipikirannya tanpa menyentuh dan menggunakan alat – alat Bumi. Proses berpikir yang Tesla lakukan langsung di kepalanya. Photographic Memory adalah kelainan pada otak yang mampu membuat penderitanya dapat mengingat kembali dari memory apa yang dilihat walaupun hanya sekali. Kelainan otak ini sangat jarang terjadi. Sekali terjadi pada seseorang, seseorang yang terkena selalu menjadi orang besar yang berjasa. Walaupun tidak semua menjadi orang besar, tapi mereka mampu menghadirkan kemajuan seperti Tesla.

Nikola Tesla adalah keturunan Serbia yang menjadi warga negara Amerika pada tahun 1981 sewaktu beliau bekerja di Amerika Serikat.

Dulunya Nikola Tesla pernah bekerja untuk Edison. Entah kenapa Edison dan Tesla tidak merasakan kecocokan sehingga pada akhirnya Tesla memutuskan keluar dari perusahaan Edison untuk mendirikan laboratorium sendiri. Dengan laboratoriumnya, Tesla dalam waktu yang singkat telah berhasil membuktikan kehebatan sistem arus AC yang lebih hebat daripada sistem arus DC Edison. Dalam satu tahun dia sudah mematenkan 30 karya. Penemuan Nikola Tesla diantaranya Radio, Remote Control, Motor listrik, Transfer Energi Nirkabel Jarak Jauh, Pesawat Tanpa Sayap, dan banyak lainnya. Namun beberapa penemuan Tesla tidak disukai dan memilih untuk dienyahkan seperti death ray, perangkat pencipta gempa buatan, piring terbang bebas energy, pesawat tanpa sayap, transfer energy nirkabel jarak jauh. 

Nikola Tesla meninggal pada 7 Januari 19433 diumurnya yang ke 86 tahun di New York City, Amerika Serikat. Keadaan Tesla sebelum meninggal menyedihkan. Penemu hebat yang mendukung kedamaian dunia sepertinya harus memiliki hidup yang layak, namun beliau meninggal dengan keadaan yang miskin. Kita manusia jaman sekarang tentu berterimakasih banyak kepadanya. Penemuan – penemuannya memudahkan kehidupan manusia di  bumi.

Siapa itu Nikola Tesla? Kita sudah tau siapa itu Nikola Tesla. Beliau adalah seorang penemu hebat.

Baca juga : Solusi Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)