Smart Contract Pada Blockchain Free TON

Smart Contract Pada Blockchain Free TON

Smart Contract Pada Blockchain Free TON? Seperti apa Smart Contract Pada Blockchain Free TON? Apa saja smart contract yang ada di blockchain Free TON?

Pertama kita harus mengetahui apa itu smart contract secara umum. Smart contract adalah teknologi blockchain 2.0. Smart contract dikembangkan setelah teknologi blockchain 1.0. Teknologi blockchain 1.0 adalah kripto kurensi dan hanya berfungsi sebagai kripto kurensi atau alat pembayaran. Teknologi blockchain pertama kali yang muncul adalah Bitcoin. Program – program yang berjalan pada sistem blockchain untuk kepentingan tertentu adalah smart contract. Smart contract terdesentralisasi dikarenakan berjalan pada teknologi blockchain. Verifikasi dan konfirmasi dari hasil eksekusi smart contract dilakukan oleh banyak node jaringan. Oleh karena itu, desentralisasi serta kestabilan dalam perhitungan dan serangan terjamin.

Baca juga :
Berkenalan Dengan Free TON Blockchain
Komunitas dan Sistem Terdesentralisasi Memiliki Banyak Kemiripan

Ada lima jenis smart contract yang berjalan di blockchain Free TON, yaitu Wallet (dompet aset digital), Voting, DePool, Decentralized Exchanges (DEX), dan Games. Berikut ini penjelasan dari jenis – jenis smart contract yang berjalan di blockchain Free TON :

1) Wallet

Kita mengenal wallet sebagai tempat menyimpan aset digital atau kripto kurensi. Di dalam wallet, kita memiliki address untuk menerima aset digital atau kripto kurensi. Wallet adalah program yang digunakan untuk menghitung jumlah token aset digital milik pemilik dan sebagai tempat menyimpan aset digital perseorangan. Tetapi ada sebuah Wallet yang dapat digunakan untuk mengelola keiangan bersama – sama (lebih dari satu pemilik). Wallet yang seperti itu disebut Multisig Wallet.

2) Voting

Voting dalam bahasa Indonesia berarti pemungutan suara. Perbedaan voting biasa dengan voting smart contract adalah voting smart contract dilakukan secara digital, aman, dan sesuai perjanjian yang dibuat di awal. Voting smart contract berbasis blockchain tidak seperti voting biasa. Kita tidak dapat menipu jika melakukan pemungutan suara menggunakan voting smart contract. Siapapun tidak dapat mengubah dan menghapus hasil voting smart contract karena sudah tercatat di blockchain.

3) DePool

DePool adalah program yang berjalan pada blockchain untuk bekerja sama. DePool digunakan untuk membuat fitur investasi aset digital atau kripto kurensi yang akan berbunga dan dikembalikan setelah waktu tertentu. Pada Free TON, DePool berjalan di ekosistem blockchain Free TON.

4) Decentralized Exchanges (DEX)

Mengirim dan menerima aset digital atau kripto kurensi sangat mudah dilakukan. Kita mengirim tanpa perantara dan biaya pengiriman juga lebih murah. Decentralized Exchanges adalah program smart contract yang menjalankan layanan keuangan secara P2P dan aman.

5) Games

Siapa sih yang tidak suka bermain game? Ternyata game juga dapat dijalankan di ekosistem blockchain berupa smart contract. Tetapi tidak semua game dapat menerapkannya karena hanya beberapa game yang dapat menerapkannya. Gamed adalah program game smart contract yang mengimplementasikan permainan seperti catur, dadu, dan lainnya.

Salah satu teknologi blockchain yang dapat menerapkan smart contract adalah blockchain Free TON. Smart contract blockchain Free TON lebih aman daripada blockchain lainnya. Free TON Network memiliki sifat yang baik untuk keamanan, yaitu setiap tindakan dari jaringan yang memproses smart contract membakar beberapa token. Hal ini dapat melindungi smart contract dan jaringan dari penyalahgunaan serta melindungi dari serangan DDoS. Beberapa sistem smart contract TON Network diantaranya Validator Elector, Referal giver – wallet, Validator giver – Validator Wallet, dan Developer Giver – Wallet yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri.

TON Labs menciptakan dua smart contract yang juga didistribusikan di Free TON Network, yaitu SafeMultisigWallet, dan SetCode MultisigWallet. Setcode MultisigWallet lebih canggih daripada SafeMultisigWallet karena dapat mengganti key dan kodenya sendiri.

Baca juga : Teknologi Blockchain Aman Untuk Aset Digital

Sumber : https://id.freeton.wiki/Kontrak_pintar

Sekian, terimakasih, semoga bermanfaat:)