The Daily Journal

Struktur Dasar Penyusun HTML(Tag, Elemen, dan Attribut)

Struktur Dasar Penyusun HTML ? Seperti apa Struktur Dasar Penyusun HTML ? Bagaimana cara menggunakan tag, elemen, dan attribute? Mengapa html memiliki tiga struktur dasar?

HTML adalah salah satu markup language. Dengan HTML, kita dapat membuat suatu website. Lebih tepatnya struktur web. Mengapa hanya struktur web? Karena otak yang menjalankan fungsi dan kulit yang mempercantik sebuah website tidak dibuat hanya menggunakan bahasa HTML. Dengan Menggunakan HTML,  kita dapat membuat elemen elemen untuk website yang membentuk suatu website. HTML dapat menampilkan heading, paragraph, video, dan foto.  Untuk mempercantik website, kita dapat menggunakan teman dari bahasa HTML, yaitu CSS.

Baca juga :
Berkenalan Dengan Bahasa HTML
Membuat Perhitungan Luas dan Keliling Persegi Panjang dengan C++

Walaupun bahasa ini digunakan untuk membuat website, HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Mengapa begitu? Karena bahasa ini hanya dapat menampilkan tapi tidak membuat suatu proses algoritma seperti bahasa pemrograman. Buktinya HTML tidak memiliki syntax pengulangan seperti for, while dan juga tidak memiliki syntax pengkondisian seperti if, else-if, switch, dan sebagainya. Sedangkan ciri ciri bahasa pemrograman adalah memiliki proses algoritma didalamnya.

Struktur dasar HTML tediri dari head dan body. Head adalah tempat dimana CSS, judul web berada. Sedangkan body adalah tempat isi web. Berikut ini kode struktur dasar HTML :

Untuk HTML versi terbaru yaitu HTML 5, ada sedikit penambahan untuk bahasa dan charset seperti kode di bawah ini :

Ada 3 struktur HTML yang wajib kamu ketahui untuk membuat website dari HTML. Itu adalah tag, elemen, dan attribute. Mari kita mulai dari tag.

Tag adalah tanda yang digunakan untuk membuat sebuah elemen. Tag terdiri dari tag pembuka dan tag penutup. Namun ada beberapa tag yang tidak memiliki tag penutup seperti tag img yaitu tag yang digunakan untuk menampilkan gambar. Tag berguna untuk menampilkan heading, paragraph, video, gambar, dan lainnya. Untuk menampilkan sesuatu dengan bahasa HTML, kita wajib menggunakan tag. Berikut ini struktur tag pada HTML :

Elemen adalah sesuatu yang terdiri dari tag dan isi dari tag. Kita dapat menyebutnya sebagai keseluruhan untuk menampilkan sesuatu. Tiap – tiap elemen pada memiliki tag dan isinya untuk menampilkan bagian bagian pada website seperti heaindg, paragraf, video, dan gambar. Berikut ini struktur elemen pada HTML :

Attribut adalah sesuatu yang dapat kita sisipkan ke dalam tag pembuka untuk membuat suatu perubahan pada isi/konten dari elemen. Seperti kita membuat kata atau kalimat yang memiliki link didalamnya yang jika diklik akan pergi ke link tersebut menggunakan attribut href didalam tag pembukanya.  

Baca juga : Tutorial Mengumpulkan Tugas Di Google Classroom

Sekian, terimakasih dan semoga bermanfaat:)