The Daily Journal

Teknologi 5G Standar Telekomunikasi Di Masa Kini dan Masa Mendatang

Teknologi 5G Standar Telekomunikasi Di Masa Mendatang ? Seperti apa Teknologi 5G Standar Telekomunikasi Di Masa Mendatang? Apa kelebihan dan tujuan teknologi 5G?

Bicara tentang teknologi tidak ada habisnya. Selalu saja ada yang baru dan lebih canggih. Seperti 5G misalnya. Teknologi 5G adalah standar telekomunikasi di masa mendatang setelah 4G. 5G merupakan inovasi teknologi telekomunikasi yang berkembang. Tentunya 5G memiliki keunggulan daripada standar telekomunikasi di bawahnya. Hal yang ditawarkan oleh 5G adalah kecepatan pada saat download dan upload data ataupun file. Karena sangat canggih, 5G dapat digunakan untuk teknologi canggih seperti IoT (Internet of Things), AR (Augmented Reality), cloud, self – driving car, dan masih banyak lainnya.

Baca juga :
Supplier Marmer Utama dan Terbesar di Indonesia (Fagetti)
Sejarah Berdirinya BCA (Bank Central Asia)

5G mampu memanfaatkan spektrum radio lebih baik. Teknologi ini juga dapat memungkinkan banyak perangkat yang mengakses dan menggunakan internet secara bersamaan. Video call atau panggilan video terlihat sangat jelas jika menggunakan 5G. Laju 5G tentunya lebih cepat dari 4G. Tujuan utama dari 5G adalah kecepatan dan koneksi pada benda selain smartphone seperti mobil, IoT, dan lainnya. Berdasarkan prediksi, 5G lebih cepat 100 kali dari standar telekomunikasi sebelumnya.

Banyak negara yang melakukan uji coba teknologi ini. Seperti Jepang, Amerika Serikat, Thailand, dan Cina. Mereka menetapkan kecepatan tersendiri untuk 5G seperti Amerika Serikat. Bahkan ada negara yang sudah menggunakan 5G. Perangkat smartphone 5G juga akan rilis di tahun 2020 ini. Seperti Xiaomi, Nokia, Oppo, Motorola, dan Samsung. Di Indonesia juga sudah ada self-driving car yang dihadirkan oleh Telkomsel pada saat Asian games.

Sesuai berjalannya waktu, semuanya berkembang dan mengalami kemajuan. Ada beberapa hal yang sulit untuk dikejar kemajuannya seperti, teknologi yang dapat dengan cepat berkembang di setiap waktu. Standar telekomunikasi juga berkembang sangat cepat. Mulai dari 1G (Sistem Analog), 2G (GSM), 3G ( high – speed, EDGE, CDMA), 4G, dan 5G. Perkembangan teknologi standar telekomunikasi mungkin saja akan terus berkembang dan tidak akan berhenti di 5G. Kebayang gimana cepetnya 5G? Apalagi yang diatasnya 5G nanti?

Baca juga : Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat.