Teknologi Blockchain Aman Untuk Aset Digital

Teknologi Blockchain Aman Untuk Aset Digital? Kenapa Teknologi Blockchain Aman Untuk Aset Digital? Seperti apa bentuk aset yang dapat disimpan di blockchain?

Blockchain adalah sebuah teknologi yang membentuk rantai blok. Blockchain dapat dijadikan penyimpanan informasi transaksi, Smart Contract, dan lainnya. Jika hanya untuk menyimpan, mengapa tidak menggunakan database saja? Kenapa harus blockchain? Karena blockchain akurat, aman, cepat, dan terbuka sehingga sulit akan terjadi pemalsuan data. Perbedaan database dengan blockchain adalah database dapat diubah dan dihapus, sedangkan blockchain hanya dapat dibuat (tidak ada update and delete) sehingga apa yang sudah dicatat dan disimpan informasinya tidak bisa dipalsukan. Sekali kita tercatat informasi transaksi didalam blok pada blockchain, transaksi itu akan terus ada dan tercatat dengan jelas.

Baca juga :
Berkenalan Dengan Free TON Blockchain
Mengapa Uang Kripto Memiliki Masa Depan? Bacaan Akhir Tahun 2020

Selain tidak dapat diubah dan dihapus, blockchain juga menyebarkan seluruh informasi ke jaringan. Hal ini dikarenakan kebanyakan blockchain bersifat terbuka. Sehingga semua orang dapat melihay transaksi yang dicatat. Ya, blockchain adalah sebuah ledger (buku kas) yang sangat aman. Salah satu jenis blockchain adalah cryptocurrency atau kripto kurensi. Crytpocurrency adalah blockchain jenis 1.0. Blockchain jenis ini dijaga keamanannya menggunakan kriptografi. Bitcoin adalah implementasi kripto kurensi pertama berbasis blockchain didunia. Setiap blok yang tersebar memiliki salinannya disetiap jaringan blockchain yang tersebar dibanyak tempat.

Dompet kripto kurensi juga sangat aman. Dompet ini tidak bisa sembarangan diakses. Pada awal pembuatan dompet, kita akan diberikan beberapa phrase yang menjadi kunci jika ingin masuk pada dompet blockchain kripto kurensi. Phrase ini harus benar – benar kita simpan dengan aman, jangan sampai ada yang tau karena ini bersifat pribadi. Resiko jika ada orang yang tau adalah dompet kita digunakan oleh orang lain karena jalan satu – satunya untuk masuk ke dalam dompet cryptocurrency adalah menggunakan phrase. Phrase ini unik dan tidak dapat dibuat double, hanya sekali. Kamu bisa mendownload aplikasi dompet kripto di Google Play Store atau App Store. Selain kamu, tidak ada yang dapat mengendalikan keluar masuknya aset digitalmu. Menariknya semenjak ada versi blockchain versi 2.0, blockchain dapat berisi smart contract. Smart contract atau kontrak pintar dapat digunakan untuk banyak hal seperti pertukaran untuk menggalang dana, dan segala sistem yang melakukan sesuatu secara otomatis. Smart contract ditulis menggunakan kode sesuai perjanjian atau ketentuan diawal. Sekali dibuat, smart contract tidak dapat diubah. Seperti apa sistem smart contract? Untuk menggunakan smart contract tentu kita harus membuat pilihan terlebih dahulu, kemudian kita membuat apa yang akan dijalankan dan dikakukan secara otomatis bila salah satu dipilih, seperti vending machine minuman.

Baca juga : Arti Desentralisasi Pada Blockchain

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)