Josi Kie

Dasar Pemrograman Java (1)

Dasar Pemrograman Java (1)

Dasar bahasa pemrograman Java? Seperti apa saja ya? Kita akan memulai belajar bahasa pemrograman Java. Selamat, ini adalah langkah pertama untuk belajar bahasa pemrograman Java, setelah langkah instalasi pastinya. Belum melakukan langkah instalasi? Silahkan kunjungi...

Apa Itu Java API ?

Apa Itu Java API ?

Tahukah kamu? Java memiliki API yang dapat memudahkan kita mengembangkan sebuah aplikasi. Apa itu Java API? Kenapa kita butuh API? Mari simak dibawah ini. Baca juga : Java dan Sejarah Kehadirannya API adalah singkatan dari Application Programming Interface. Tujuan...

Java dan Sejarah Kehadirannya

Java dan Sejarah Kehadirannya

Tahukah kamu? Java adalah bahasa pemrograman ajaib yang dapat menghasilkan aplikasi pada dekstop, smartphone, smartwatch, TV, web, dan lainnya. Bahasa pemrograman Java sangat berguna bagi perkembangan teknologi di Bumi. Wah, hebatnya bahasa pemrograman satu ini....

Semua memiliki awal, termasuk adanya komputer. Komputer pada awalnya tidak sebagus komputer sekarang. Fungsinya pun tidak sebanyak komputer sekarang.

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan manusia semakin kompleks. Sehingga dibutuhkan alat yang dapat mempermudah pekerjaan. Komputer merupakan salah satu jawabannya. Dengan komputer, kita dapat membuat tabel tanpa menggambar di kertas dan hasilnya juga sangat rapi.

Pada awalnya komputer pertama kali berupa mesin penghitung yang ditemukan oleh Charles Babbage untuk pertama kalinya. Charles Babbage disebut – sebut dengan bapak komputer. Kata computer berasal dari bahasa lain yaitu yang dalam bahasa inggris adalah compute. Pada tahun 1646, komputer dipakai sebagai nama panggilan untuk menyebut orang yang bertugas menghitung.

Baca Juga : Generasi Milenial dan Generasi Z, Yang Manakah Kamu?

Sebelum menjadi teknologi yang sangat canggih, komputer melewati banyak generasinya hingga saat ini. Berikut ini generasi komputer dari generasi pertama hingga generasi kelima :

1) Komputer Generasi Pertama ( 1946 – 1959 )

Kebutuhan manusia akan alat yang canggih mulai terlihat pada perang dunia ke-2. Komputer generasi pertama dibuat pada tahun 1946 dengan memakai tabung vakum sebagai komponen dasar pembuatannya. Namun pada saat itu, kerja komputer tidak efisien pada beberapa aspek. Hal ini disebabkan oleh tabung vakum. Komponen nya cepat sekali panas saat dipakai dan memerlukan daya listrik yang jauh lebih besar dalam pengoperasiannya.

Komputer ini disebut Elektronik Numerical Integrator And Computer ( ENIAC ). Sebenarnya ENIAC lah dirancang sejak tahun 1942, dimulai tahun 1943 dan selesai pada tahun 1946. Komputer ini masih menggunakan bahasa mesin belum menggunakan bahasa assembly.

2) Komputer Generasi Kedua ( 1959 – 1965 )

Pada tahun 1959 tercipta komputer generasi kedua dengan komponen yang memanfaatkan teknologi transistor. Komponen ini lebih efisien dari komponen komputer generasi yang sebelumnya.

Tentunya ukuran dan daya listrik yang dibutuhkan lebih kecil jika dibandingkan dengan tabung vakum. Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan komputer ini jauh lebih terjangkau daripada komputer generasi pertama yang menggunakan tabung vakum. Selain perangkatnya yang sudah dikembangkan, bahasa pemrograman nya juga sudah berkembang. Yang tadinya menggunakan bahasa mesin, untuk komputer generasi kedua menggunakan bahasa assembly ataupun bahasa simbolik. Komputer ini sudah sering digunakan pada beberapa instansi, universitas, perusahaan, juga pemerintahan. disebut transisi karena ukuran jauh lebih kecil daripada generasi pertamanya. Komputer generasi kedua biasanya digunakan hanya untuk perhitungan ilmiah saja.

3) Komputer Generasi Ketiga ( 1964 – 1970 )

Teknologi transistor bergeser lagi pada komputer generasi ketiga. Awal komputer generasi ketiga adalah tahun 1965. Pada waktu itu komputer dibuat memakai Integrated Circuit (ICs). Dari perkembangan ini, komputer generasi ketiga memungkinkan operator berinteraksi menggunakan keyboard. biaya pembuatan komputer generasi ketiga lebih murah lagi dibandingkan komputer generasi kedua yang membuat komputer ini dapat dijangkau oleh masyarakat umum. Komputer ini mulai bermunculan sekitar tahun 1964 sampai 1970. Nama-nama komputer generasi ketiga antara lain PDP – 11, PDP – 8, 7000, NCR Century, UNIVAC 1108, IBM S/360, CDC 3000, 6000, dan juga GE 660. Komputer komputer tersebut adalah hasil produksi pabrik digital corporation. dengan pengembangan komputer ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari pada generasi komputer sebelumnya.

4) Komputer Generasi Keempat ( 1971 – sekarang )

Pada zaman ini, kita menggunakan komputer generasi keempat. Boneng dasar yang digunakan adalah mikroprosesor. Di dalam chip mikroprosesor, terdapat ribuan transistor dan beberapa macam elemen sirkuit yang saling terhubung menjadi satu. Chip mikroprosesor dikembangkan oleh salah satu perusahaan berpengaruh, yaitu Intel. Intel berhasil menciptakan intel 4000 Chip yang adalah langkah awal perkembangan komputer setiap tahunnya. Pada masa komputer generasi keempat, mulai muncul Machintos sebagai sistem operasi dari Apple dan sistem operasi lainnya.

5) Komputer Generasi Kelima ( sekarang – masa depan )

Komputer generasi kelima masih mengalami pembangunan. Komputer ini akan memiliki teknologi berdasarkan artifisial intelligence. Artifisial intelligence adalah teknologi dengan kecerdasan buatan. Di mana nanti komputer dapat berperilaku mendekati mirip dengan manusia. Tujuan dari pengembangan komputer generasi ini adalah untuk bisa menghasilkan sebuah perangkat komputer yang dapat merespon memakai bahasa yang digunakan manusia. Dengan teknologi artifisial intelligence, komputer generasi ini diharapkan dapat mempelajari lingkungan di sekitarnya dan dapat menyesuaikan dirinya sendiri layaknya manusia.

Baca Juga : Generasi Milenial dan Generasi Z, Yang Manakah Kamu?

*Diambil dari berbagai sumber