The Daily Journal

Tips dan Trik Berbisnis Online

Tips dan Trik Berbisnis Online? Bagaimana dan seperti Tips dan Trik Berbisnis Online? Apa saja yang harus dilakukan dan dipersiapkan untuk berbisnis online?

Di zaman yang sudah modern ini, kita tentunya tidak asing lagi dengan kata “online”. Banyak hal dalam kehidupan yang dapat dilakukan secara online. Apa saja? Mulai dari belanja online, belajar online, mengajar online, berkomunikasi online, menonton online, bermain online, bisnis online dan lain-lainnya. Bisnis online dapat menjadi sebuah peluang usaha. Bisnis online menawarkan pasar yang luas dengan biaya minim. Kita tidak perlu beli tanah untuk mendirikan sebuah toko online. Bertransaksi secara online juga mudah dilakukan karena sudah menjadi kebiasaan banyak orang.

Berbisnis secara online membutuhkan persiapan dan strategi. Untuk membangun sebuah bisnis, kita wajib mengenal apa yang akan kita bisniskan. Setelah kita sudah mengenal Apa yang akan kita bisniskan, kita dapat mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini. Keseriusan dalam berbisnis online juga penting. Kita sebagai pebisnis tidak boleh lelah untuk mengembangkan bisnis secara online.

Baca juga :
Struktur Dasar Penyusun HTML(Tag, Elemen, dan Attribut)
Membuat Tabel Menggunakan HTML dan CSS

Tentunya untuk menjalankan bisnis kita harus konsisten terus-menerus berusaha dan berjuang. Roda itu berputar, sama seperti bisnis. Terkadang untung banyak dan juga bisa rugi sewaktu-waktu. Sebagai pembisnis kita harus memiliki solusi atas masalah – masalah yang terjadi pada saat berbisnis. Ketika sedang rugi pebisnis yang baik akan mempertahankan bisnisnya dan mencari solusi untuk menutup kerugian. Paling tidak bisnis masih dapat berjalan dengan lancar, agar tidak kesulitan menjalankan bisnis online, berikut ini Tips dan Trik Berbisnis Online :

1) Lakukan Riset Pasar

Anda tentu tidak mau pemasaran yang anda lakukan berakhir dengan sia-sia. Apa itu riset pasar? Mengapa riset pasar itu penting? Riset pasar adalah penelitian atau kegiatan mencari dan menemukan hal atau sesuatu yang dapat meningkatkan bisnis. Apa tujuan dari riset pasar? Tujuan riset pasar adalah untuk mendapatkan informasi dan mengetahui target pasar yang akan dilakukan pemasaran. Riset pasar penting dilakukan untuk menentukan dan merencanakan dengan matang alur pemasaran produk agar dapat bersaing di pasaran. Bentuk riset pasar di antaranya publikasi umum atau metode langsung ( survei ).

Dengan riset pasar kita dapat tahu potensi konsumen, persaingan, daya tarik, dan reaksi calon konsumen terhadap kehadiran produk barang. Jika konsumen senang, merasa membutuhkan, dan sangat tertarik pada produk. Itu sebuah kabar baik bagi pebisnis. Produknya banyak diminati.

Ada beberapa langkah tahapan untuk melakukan riset pasar, yaitu merumuskan masalah, menentukan desain riset, merancang metode pengumpulan data, mengambil sampel dan mengumpulkan data, melakukan analisis dan intrepertasi data, dan yang terakhir adalah menyusun laporan riset.

Jika Anda belum mempunyai produk, dari riset pasar yang dilakukan sesuai tahapannya, Anda dapat menentukan produk yang akan dipasarkan. Jika anda sudah mempunyai produk yang akan dipasarkan, anda dapat mengetahui bagaimana persaingan produk di pasaran. Tujuan utama dari riset pasar adalah untuk mengetahui produk apa yang akan dijual, bagaimana persaingannya, bagaimana ketersediaannya, suppliernya, dan peminatnya.

Sebuah bisnis dapat berjalan dengan lancar jika bahan-bahan dari produknya mencukupi dan tidak kurang. Produk yang kekurangan bahan kualitasnya menurun. Oleh karena itu, supplier bahan sangat penting. Ketersediaan produk di pasar juga penting. Konsumen memiliki kebutuhan akan suatu produk. Jika suatu produk jarang ketersediaannya di pasaran, kebutuhan konsumen tidak dapat tercukupi. Ini menjadi peluang bagi anda untuk mencukupi kebutuhan konsumen dan menjalankan bisnis dengan konsumen.

Peminat sebuah produk yang penting dan menarik sangat banyak. Terutama produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Tidak jarang ditemukan konsumen yang hanya memikirkan kualitas daripada harga. Jika produk berkualitas, bahan produk tidak boleh kurang, supplier harus lancar dan produk selalu dibutuhkan, bisnis anda bisa berjalan dengan lancar. Kita tidak dapat memasukkan produk secara paksa di pasaran karena dapat merugikan. Bagaimana jika konsumen tidak tertarik? Dan lebih parahnya bagaimana jika konsumen ternyata tidak membutuhkan produk? Bahaya jika meluncurkan produk tanpa melakukan riset pasar apalagi produk ternyata setelah dipasarkan tidak diminati oleh konsumen.

Riset pasar membantu kita menentukan langkah strategi bisnis kita selanjutnya. Riset pasar tidak selalu untuk produk yang belum dipasarkan di pasaran. Riset pasar juga boleh dilakukan untuk produk yang sudah lama di pasarkan tetapi, riset pasar lebih baik dilakukan sebelum produk diluncurkan.

2) Tentukan Dimana Produk Tersebut Akan Dijual

Bisnis online tidak seperti bisnis biasa, bisnis online tentunya berbeda dari bisnis biasa. Kebanyakan bisnis biasa melakukan transaksi bisnis di kedai ataupun di toko yang berebentuk bangunan. Yang artinya produk dijual di kedai atau di toko. Pembeli atau konsumen akan membawa diri ke kedai atau toko untuk melihat dan memilih produk yang dijual lalu konsumen akan membeli dan di situlah proses transaksi terjadi.

Bisnis online melakukan bisnis dan transaksi secara online. Jika tidak di jual di kedai atau toko dimana produk akan dijual? Tenang saja, banyak platform yang dapat kita gunakan menjadi tempat jualan produk secara online, diantaranya web toko online social, media/layanan chat, dan marketplace. Jaringan internet sangat luas. Dengan internet, banyak orang dari kota bahkan dari berbagai negara dapat mengenal dan menjangkau produk yang kita jual. Kita juga tidak harus menyediakan sebuah toko berbentuk bangunan untuk berbisnis online sebab pengunjung akan melihat produk menggunakan internet.

Konsumen yang berkunjung akan melakukan pembelian secara online dan tugas kita mengirim produk yang mereka beli sesuai dengan pesanan. Tidak usah bingung bagaimana cara mengirimkan pesanannya. Kita bisa menggunakan jasa pengiriman tanpa membentuk jasa pengiriman sendiri. Kenapa tidak membentuk jasa pengiriman sendiri? Supaya bisnis yang kita lakukan lebih terfokus jadi kita tidak pusing memikirkan tentang pengiriman.

Web toko online memiliki kelebihan tersendiri sebagai toko online bisnis kita. Apa saja kelebihan yang dimiliki web toko online?

  • Memiliki Branding Name

Branding name sangat penting untuk menyebarluaskan branding produk. konsumen lebih percaya pada produk yang memiliki branding kita dapat menyebar luaskan branding melalui nama domain web toko online.

  • Konsumen Mudah Mengakses Informasi

Web toko online adalah paket lengkap. Mulai dari produk yang dipajang, informasi produk, opsi pembayaran pesanan, opsi jasa pengantar produk, informasi kontak, dan lainnya semua jadi satu di web toko online. Untuk mencari informasi produk ataupun tentang toko online tersebut, konsumen dapat menemukannya di toko online itu sendiri. Jika konsumen mau memesan produk, konsumen hanya tinggal mencari memilih dan membayar.

  • Pasar Yang Luas

Kita tahu bahwa kecepatan akses informasi di internet sangat cepat. Orang-orang dari berbagai belahan dunia bisa menjadi konsumen bisnis anda karena menemukan web toko online Anda yang menyediakan kebutuhannya.

  • Kendali Toko di Tangan Anda

Web toko online milik anda dapat anda atur sesuka hati. Tidak seperti marketplace yang mewajibkan Anda mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh marketplace.

  • Dapat Menambah Konten Untuk Meningkatkan Popularitas dan Kepercayaan Konsumen

Tidak harus blog yang dapat memuat artikel. Web toko online juga bisa menambahkan konten tentang produk-produk anda lebih dalam dari pada deskripsi produk. Konten tersebut bisa berupa artikel, gambar, ataupun video. Semakin banyak konten yang menjelaskan tentang produk Anda, semakin percaya konsumen pada Anda. Mereka berpikir bahwa anda mengenal produk Anda dengan baik sehingga dapat dipercaya.

Apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin membangun web toko online dan menjual produk melalui web toko online?

  • Siapkan nama domain web toko online. Apa itu nama domain? Nama domain adalah nama yang berupa alamat website. Pilihlah nama domain yang sesuai dengan bisnis dan mudah diingat. Semakin mudah diingat, semakin banyak konsumen yang mengenal kita. Jika mereka butuh mereka langsung ingat bahwa kita menyediakan apa yang sedang mereka butuhkan tersebut.
  • Siapkan hosting yang Kapasitasnya sesuai dengan keperluan toko online kita. Apa itu hosting? Kenapa hosting itu penting? Hosting adalah tempat penyimpanan data web kita. Segala yang kita taruh dan pajang di website akan tersimpan ke dalam hosting. Seperti file, gambar, email, database, dan program. Jangan sembarangan menyewa dan memilih hosting. Pastikan hosting aman dan terpercaya. Salah satu tempat yang menjual hosting adalah MasterWeb. Masterweb adalah tempat beli hosting yang menyediakan Hosting bisnis terbaik untuk e – commerce. Masterweb menyediakan Hosting murah Indonesia dengan kualitas dan sesuai kebutuhan Anda.
Tips dan Trik Berbisnis Online

Baca juga : Tutorial Menempelkan Kode dari Gist Github Untuk Artikel di WordPress

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)