The Daily Journal

Tips Suara Kuat Untuk Bernyanyi

Kamu ingin bisa bernyanyi dengan baik? Apakah suaramu masih ragu untuk bernyanyi? Bagaimana cara agar suara kuat untuk bernyanyi?

Suara merdu sangat enak untuk didengar. Tetapi percuma saja jika suara merdu namun tidak kuat untuk bernyanyi. Ada beberapa hal yang perlu dilatih agar suara kuat untuk bernyanyi. Diantaranya nafas, kepercayaan diri, ketenangan, tujuan bernyanyi, dan masih banyak hal lainnya. Mungkin saat ini kamu masih ragu-ragu untuk bernyanyi. Namun cobalah beberapa tips di bawah ini yang dapat membantu membantumu agar memiliki suara kuat untuk bernyanyi.

Baca juga: Solusi Menghilangkan Jerawat Secara Alami

1) Olahraga Lari

Pernafasan menentukan Kuat atau tidaknya kamu bernyanyi. Nafas kuat maka suara makin kuat, tetapi buat yang nafasnya tidak kuat tidak usah khawatir. Untuk memperkuat pernafasan kamu bisa melakukan olahraga lari, tentunya mudah dilakukan bukan? Dengan olahraga lari kamu akan pintar mengatur nafas perut. Keberhasilan dalam bernyanyi ditentukan oleh seberapa pintar kamu mengatur nafas dengan baik agar suara yang dikeluarkan pas pada waktunya. Olahraga olahraga lari bisa dilakukan pada saat pagi hari atau waktu lainnya secara teratur tanpa mengganggu keseharianmu.

2) Minum Air Perasan Jeruk Nipis

Bagi kamu yang ada riwayat maag harus lebih berhati-hati, karena jeruk nipis dapat menaikkan asam lambung. Air perasan jeruk nipis dapat membersihkan suara agar terdengar lebih jernih. Caranya sangat mudah. Hanya peras 1 buah jeruk nipis lalu campurkan air perasan jeruk nipis pada satu gelas air hangat dan aduk hingga merata. Jangan dicampur gula ya. Ramuan ini harus diminum setiap pagi pada saat baru bangun tidur sebelum ada makanan yang masuk. Jika masih takut Coba makan beberapa suap nasi putih baru setelah itu meminum ramuan ini.

3) Tidak Makan Gorengan dan Tidak Minum Air Es

Wah kenapa tidak boleh makan gorengan dan tidak minum air es? Karena gorengan dan air es dapat menimbulkan radang yang membuat area tenggorokan membengkak. Hal ini dapat menimbulkan gangguan suara seperti batuk ketika menyanyi, nafas yang memendek, dan suara yang tiba – tiba serak.

Banyak artis-artis Korea yang sangat menghindari gorengan dan juga air es. Selain dapat mengganggu kualitas suara, gorengan juga dapat menaikkan berat badan. Kamu bisa mencoba untuk makan segala yang direbus seperti ayam rebus ditambah kecap asin, putih telur rebus, tempe rebus, tahu rebus, dan sayur rebus.

4) Minum Air Hangat

Kerap kali pada saat sering latihan vokal tenggorokan terasa gatal. Kamu bisa minum air hangat untuk mengatasi rasa gatal tersebut. Minum air hangat membantu kamu memiliki nafas yang panjang. Dengan meminum air hangat, kamu akan merasa nyaman dan kualitas suaramu akan semakin bagus. Trik ini juga dipakai beberapa artis yang sudah mendunia.

5) Madu dan Lemon

Beberapa artis menggunakan ramuan ini agar suaranya bagus dan lebih maksimal seperti Raisa dan artis-artis lainnya. Cara membuatnya cukup mudah. Campuran madu dan lemon dengan air hangat lalu aduk hingga merata dan bisa kamu minum. Dipercaya ramuan ini dapat menghilangkan atau mengencerkan lendir lendir di dalam tenggorokanmu. Lendir lendir inilah yang membuat kualitas suara memburuk.

Baca juga : View dan ViewGroup Pada Desain XML Aplikasi Android

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)