The Daily Journal

Tutorial ListView Menggunakan Kelas Adapter Buatan (Android Studio)

Tutorial ListView Menggunakan Kelas Adapter Buatan ? Seperti apa kelas adapternya? Bagaimana cara mengimplementasikan ListView menggunakan kelas adapter buatan ?

Tutorial ListView Menggunakan kelas Adapter Buatan adalah tutorial menampilkan data seperti list pada android menggunakan Android Studio yang adapternya dibuat sendiri di kelas lain atau tidak menggunakan ArrayAdapter secara langsung. Jika kamu belum mengenal apa itu ListView dan apa itu adapter, silahkan kunjungi Tutorial Sederhana Menggunakan ListView (Android Studio) untuk dipelajari.

Baca juga : Apa Itu Algoritma? Algoritma dan Contohnya

Seperti biasa, untuk menggunakan ListView kita memerlukan layout berisi item, layout yang menampung ListView, Adapter, kumpulan data, dan ListView sendiri. pada tutorial ini, kita akan menggunakan kumpulan data objek wisata kota Situbondo.

Mari kita mulai tutorialnya. Pertama buatlah project baru di Android Studio. Buka Android Studio lalu pilih Start a new Android Studio project seperti yang dilingkari pada gambar di bawah ini :

Lalu pilih Empty Activity dan klik Next seperti gambar berikut :

Isikan kotak Name, Package Name, Language, dan Minimum API Level seperti gambar di bawah ini, untuk kotak Save Location isi sesuai dimana tempat biasanya kamu menyimpan project Android Studio. Kemudian klik finish.

Pergi ke app -> res -> layout -> activity_main.xml, activity_main.xml adalah tempat layout desain ListView. Lalu ubah kode di activity_main.xml menjadi seperti kode di bawah ini :

Klik kanan pada layout kemudian pilih New lalu pilih Layout resource file seperti gambar di bawah ini :

Muncul Pop up New Resource File. Isi kotak Filename, Root elemen, Source set, Directory name seperti gambar di bawah ini :

Setelah list_items.xml sudah terbuka, Ubah kode di list_items.xml menjadi seperti kode di bawah ini :

Buka app -> java -> com.example.android.wisatasitubondolist -> MainActivity. Lalu amati kelas MainActivity.

Kemudian klik kanan pada package com.example android.wisatasitubondolist, pilih New lalu klik Java Class. Kita akan membuat kelas POJO. Berikut gambarnya :

Setelah itu akan muncul Pop up Create New Class. Isikan kotak Name dan kotak lainnya yang ada di Pop up Create New Class sesuai gambar di bawah ini :

Setelah kelas TempatWisata terbuka, Ubah kode TempatWisata menjadi seperti kode di bawah ini :

Klik kanan pada package com.example.android.wisataaitubondolist lalu pilih New dan klik Java Class seperti gambar di bawah ini :

Setelah muncul pop up Create new Class, isikan kotak Name dan lainnya seperti gambar di bawah. Kita akan membuat kelas adapter.

TempatWisataAdapter akan terbuka. Ubah kode pada TempatWisataAdapter menjadi seperti kode di bawah ini :

Sebelum mengaplikasikan ListView, mari download gambar disini(link). Lalu ekstrak file zip yang sudah didownload dan salin seluruh gambar hasil ekstrak file zip lalu tempelkan di folder drawable pada Android Studio.

Buka kembali kelas MainActivity lalu ubah kode pada kelas MainActivity menjadia seperti kode di bawah ini :

Setelah itu coba run aplikasi, berikut ini demo aplikasinya yang josikie coba run :

Untuk download full source code, silahkan download disini.

Baca juga : Tutorial Sederhana Microservice Menggunakan Spring Boot

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)