Josi Kie

Dasar Pemrograman Java 3

Dasar Pemrograman Java 3

Setelah belajar Dasar Pemrograman Java 2, kita akan belajar Dasar Pemrograman Java 3. Yang mana berisi materi dan praktek yang lengkap penjelasanya tentang looping (perulangan) dan array

Pedih

Pedih

Pagi ini indah ya…,
Sangat indah dan
Mentaripun begitu sangat
Cantik dan indah

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Android 10 dan Android Pie adalah rilis baru operating system Android. Android Pie rilis pada tahun 2018, sedangkan versi Android 10 rilis pada tahun 2019. Fitur – fitur pintar banyak bertambah. Untuk tahun 2019, Android 10 adalah versi Android terbaru meskipun belum semua smartphone dapat menggunakan operating system versi Android 10.

Bagaimana cara membuat sebuah aplikasi Android Football Scores? Apa saja yang dibutuhkan?

Hai kawan josikie, tutorial yang akan kita pelajari untuk sekarang adalah tutorial membuat aplikasi menggunakan Android Studio. Bahasa pemrograman yang akan kita pakai adalah bahasa pemrograman Java untuk menyusun aplikasi ini. Kamu pemula? Tidak usah khawatir, kita akan memulai dari awal jadi pemula maupun pro bisa mengikuti tutorial dengan baik.

Aplikasi yang akan kita buat adalah aplikasi Football Scores. Football Scores digunakan pengguna untuk menambahkan maupun mengurangi score atau fouls pada saat menonton pertandingan atau menjadi penilai saat pertandingan dengan cepat. Berisi score dan fouls untuk dua tim pemain sepak bola. Cuss ngoding

Baca juga : Matematikawan Besar Mendunia Yang Membawa Kemajuan Ilmu Matematika

Sebelum ngoding, mari kita buat project baru terlebih dahulu di Android Studio. Caranya pilih file, klik new lalu new project. Seperti di gambar ini :

File -> New -> New Project…

Setelah muncul jendela Create New Project, masuk ke Phone and Tablet lalu pilih Empty Activity dan klik next. Alasan kita memilih Phone and Tablet karena kita akan menggunakan aplikasi untuk smartphone dan tablet saja.

Phone and Tablet -> Empty Activity -> Next

Beri nama aplikasi kita dengan nama Football Scores, package name isi dengan com.example.android.footballscores, save location biasanya default dari Android Studio, namun kamu bisa custom pilih sendiri dimana yang paling enak naruhnya. Untuk language, kita menggunakan Java dan minimum API Level adalah API 15 : Android 4.0.3 (Ice Cream Sandwich). Seperti gambar di bawah ini :

Tunggu sampai project muncul di Android Studio. Setelah itu, lanjut buka folder app -> res -> layout -> activity_main.xml

app -> res -> layout -> activity_main.xml

Di bawah ini penampakan awal activity_main.xml :

layout utama pada androidx

Sedikit penjelasan, activity_main.xml adalah tempat kita mendesain halaman utama aplikasi kita menggunakan xml. Penampakan di atas adalah penampakan activity_main.xml Android Studio versi 3.4.0.0. Awalan desainnya sudah menggunakan androidx. Namun kita masih dapat merubahnya.

Kemudian kita mulai ngodingnya! Pertama copy kode xml di bawah ini, lalu paste di activity_main.xml ya. Kalau kamu mau, kamu bisa mengetik agar semakin terlatih dan leluasa menganalisa baris perbaris kode xml yang digunakan.

Pada desain ini, kita meiliki beberapa Viewgroup (nested Viewgroup) dan beberapa View. Kita dapat bayangkan ViewGroup adalah orangtua dan View adalah anaknya. Viewgroup yang kita pakai antara lain ScrollView, RelativeLayout, dan LinearLayout. Untuk memahaminya, mari pahami definisi singkat ketiganya.

ScrollView adalah Viewgroup yang digunakan ketika layar pada device android sudah tidak cukup lagi. Sehingga dapat digulir ke bawah untuk ditambahkan lebih banyak isi pada layar.

RelativeLayout adalah layout atau ViewGroup yang penataan View didalamnya relative sehingga bebas menata view – view nya (bisa dimana saja).

LinearLayout adalah layout atau ViewGroup yang view didalamnya bisa ditata secara horizontal (dari atas ke bawah) atau vertical (dari kiri ke kanan).

Eits…. Sebelumnya kamu harus mengerti apa itu layout. Layout adalah tempat kita mengatur tata letak View apa saja yang akan kita tampilkan pada aplikasi android yang sedang kita rancang sehingga desain aplikasi menjadi indah dan nyaman dipandang mata.

Di dalam Viewgroup yang kita pakai, terdapat beberapa View yaitu TextView, Button, dan View. TextView adalah View yang digunakan untuk menampilkan teks. Button adalah View yang digunakan untuk menampilkan tombol yang dapat diklik. View adalah View yang digunakan untuk menampilkan kotak penuh. Namun pada tutorial ini, kita menggunakannya untuk garis pembatas antara tim A dan tim B. Cuss ngoding lagi…

Setelah layout, kita akan beranjak pada app theme yang dapat kita edit di styles.xml , kita buka app -> res -> values -> styles. Lalu copy ke kode dibawah ini dan paste di styles.xml atau kalau kamu ingin berlatih lebih keras, coba ketik saja :

Apa itu styles.xml ? Styles adalah tempat dimana kita dapat membuat dan mengedit theme untuk aplikasi.

Styles sudah, mari kita ngoding dibagian strings.xml , buka app -> res -> values -> strings.xml, lalu copy kode dibawah ini :

strings digunakan untuk menambahkan kata – kata yang ada pada aplikasi, bisa juga tempat menyimpan data sederhana. Kenapa tidak langsung menuliskan di layout? Lebih baik kita taruh di strings supaya tidak hardcode.

Selanjutnya kita ngoding di bagian logikanya. Logika dapat kita buat di file berekstensi .java pada Android Studio. Dengan logika dan beberapa perintah, kita dapat membuat TextView, Button, dan View yang kita tambahkan saling berinteraksi dan memiliki fungsi – fungsi tertentu seperti yang kita inginkan.

Buka app -> java -> com.example.android.footballscores -> MainActivity.java , lalu copy kode di bawah ini, seperti biasa kamu dapat memilih untuk copas atau ketik secara mandiri :

Kamu mau download full dari project ini agar langsung dapat di jalankan pada Android Studio di dekstopmu? Silahkan download disini.

Kamu bisa coba run secara mandiri dan lihat hasilnya di smartphone kamu atau di emulator. Namun josikie sudah menyediakan demo aplikasi kita menggunakan emulator! Ini dia demonya:

Demo Aplikasi

Baca juga : Kenapa Kamu Harus Belajar Java?

Sekian, terimakasih, semoga bermanfaat.