Josi Kie

Dasar Pemrograman Java 3

Dasar Pemrograman Java 3

Setelah belajar Dasar Pemrograman Java 2, kita akan belajar Dasar Pemrograman Java 3. Yang mana berisi materi dan praktek yang lengkap penjelasanya tentang looping (perulangan) dan array

Pedih

Pedih

Pagi ini indah ya…,
Sangat indah dan
Mentaripun begitu sangat
Cantik dan indah

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Android 10 dan Android Pie adalah rilis baru operating system Android. Android Pie rilis pada tahun 2018, sedangkan versi Android 10 rilis pada tahun 2019. Fitur – fitur pintar banyak bertambah. Untuk tahun 2019, Android 10 adalah versi Android terbaru meskipun belum semua smartphone dapat menggunakan operating system versi Android 10.

Hai sobat josikie, kita akan belajar membuat program perkalian 1 sampai 100 dengan bahasa pemrograman C++. Untuk praktek, kita bisa menggunakan Dev C++ atau juga bisa menggunakan Code Blocks. Namun pada tutorial ini, josikie menggunakan Code Blocks.

Bagaimana cara membuat program Perkalian 1 sampai 100 dengan bahasa pemrograman C++? Mari kita ikuti tutorialnya. Kamu pemula? Tidak usah khawatir, kita akan mulai dari awal.

Baca juga : Penjelasan dan Peraturan Penulisan Variabel Pada C++

Pertama buka Code Blocks, lalu pilih create a new project. Seperti berikut :

Open Code Blocks -> Create a new project

Akan muncul jendela New from template. Pilih Console application lalu klik Go.

Console application -> Go

Kemudian muncul jendela Console application, kita klik next.

Next

Setelah itu, jendela Console application akan menampilkan Please make a selection. Kita pilih C++ untuk Please make a selection dan klik Next seperti gambar di bawah ini :

C++ -> Next

Selanjutnya Isi project title dengan Perkalian 1 sampai 100. Folder to create project in, project filename, dan Resulting filename biasanya memiliki isi yang default. Folder to create project in berisi tempat dimana kamu akan menyimpan project.sedangkan Project filename dan Resulting filename akan langsung terisi mengikuti Project title dan Folder to create project in. Setelah mengisi Project title, klik next. Seperti di bawah ini :

Kemudian pada bagian Compiler pilih GNU GCC Compiler. Centang check box Create “Debug” configuration dan isi disampingnya dengan Debug. Centang juga check box Create “Release” configuration dan isi dengan Release, lalu klik finish. Berikut contohnya :

Untuk masuk ke tempat ngodingnya, silahkan klik Workspace yang ada di bagian sebelah kiri, lalu pilih Perkalian 1 Sampai 100. Pilih Sources lalu klik main.cpp , tampilan awal seperti berikut ini :

Workspace -> Perkalian 1 Sampai 100 -> main.cpp

Setelah kita sudah masuk, ganti kode pada main.cpp menjadi seperti kode dibawah ini (Kamu dapat copy lalu paste atau ketik seperti biasa agar lebih leluasa menganalisa kode dari baris perbaris :

Setelah selesai, kamu dapat mencoba jalankan atau run secara mandiri, namun josikie sudah menyediakan video demo program pada saat program dijalankan atau di run. Berikut ini demo program Perkalian 1 Sampai 100 dengan Bahasa Pemrograman C++ :

Baca juga : Tutorial Membuat Aplikasi Football Scores Menggunakan Android Studio (Java)

Sekian, terimakasih, semoga bermanfaat:)