The Daily Journal

Tutorial Mencari Data Pada Entity Sesuai Kategori Dengan Spring Boot dan JpaRepository

Tutorial Mencari Data Pada Entity Sesuai Kategori Dengan JpaRepository ? Apa itu JpaRepository? Seperti apa Tutorial Mencari Data Pada Entity Sesuai Kategori Dengan JpaRepository ? Bagaimana cara mencari data pada entity sesuai kategori dengan JpaRepository?

Spring Boot adalah salah satu framework dari Spring Framework. Dengan Spring Boot, developer tidak terlalu banyak menambahkan dependensi sehingga pembuatan aplikasi dapat lebih cepat. Selain itu, Spring Boot juga menyediakan banyak dependensi yang dibutuhkan oleh developer seperti  Spring Web, Spring Reactive Web, Spring Web Services, WebSocket, Jersey,  Template Thymeleaf, Apache Freemarker, Groovy Templates, Spring Security, OAuth2 Client, Okta, JDBC API, Liquibase Migration, JOOQ Access Layer, HyperSQL Database, Oracle Driver, Spring Boot Actuator, dan lainnya.

Baca Juga :
Tutorial Spring Boot JPA Dengan Banyak Entities
Tutorial Spring Boot JPA Dengan Satu Entities

Apa itu JPA? JPA adalah standar akses database untuk bahasa pemrograman Java. Karena Spring Boot menggunakan bahasa pemrograman Java, kita dapat menggunakan JPA untuk mengakses database. JPA mempermudah kita untuk mengakses database di Java. Ada satu lagi framework yang sering digunakan untuk mengimplementasikan JPA, yaitu Hibernate. Hibernate dan JPA tentunya berbeda dan tidak bisa dibandingkan. JPA diimplementasikan dengan Hibernate Annotation dan EntityManager libraries oleh Hibernate. Perpustakaan Hibernate Core mengimplementasikan Hibernate Annotation dan EntityManager untuk JPA.

JpaRepository adalah repository dari Java Peristence API yang dapat memudahkan kita sebagai developer membuat CRUD pada String Data. Dengan JpaRepository, kamu tidak perlu lagi membuat method insert() atau save() berkali kali pada repository. Karena JpaRepository memiliki method bawaan yang bisa kita gunakan pada semua interface repository, untuk memakai repository JpaRepository kita Cuma wajib membuat objek dari repository tersebut diikuti oleh anotasi @Autowired di atasnya.

Kita akan bahas langsung dari interface repository hasil JpaRepository, jika kamu ingin membuat project dari awal, ikuti Tutorial Spring Boot JPA Dengan Banyak Entities.

Sekarang kita memiliki dua interface JpaRepository, yaitu SalesRepository dan NamaBarangRepository. Kita akan mencari sales berdasarkan nama barang yang dijual oleh Sales. Berikut ini Querynya :

Cara penggunaannya di kelas yang mengimplementasikan CommandLineRunner :

Ketika di run maka muncul hasilnya seperti ini pada kotak Run dibagian bawah :

1

Baca juga : Cara Merubah Ikon Launcher / Ikon Avatar Pada Aplikasi Android

Github : josikie github’s

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)