Tutorial Menggunakan Intent Eksplisit

By | February 13, 2020

Tutorial Menggunakan Intent Eksplisit? Apa itu Intent Eksplisit? Bagaimana cara menggunakannya?

Intent Eksplisit adalah Intent yang memiliki target. Intent Ini biasanya digunakan untuk berpindah Activity, berpindah Activity dengan membawa data, mengerjakan background task seperti mendownload, notifikasi, dan lainnya. Intent jenis ini sangat berguna untuk pembuatan aplikasi mobile android. Tanpa Intent Eksplisit, tidak akan ada aplikasi menarik dengan banyak activity dan berbagai fitur. Sebenarnya Intent ada dua jenis yaitu Intent Eksplisit dan Intent Implisit. Namun yang kita pelajari saat ini adalah Intent Eksplisit

Baca juga : Apa itu Intent ? Yuk Berkenalan Dengan Intent

Agar lebih mengerti tentang Intent Eksplisit, mari ikuti dan pelajari tutorial menggunakan Intent Eksplisit. Berikut ini tutorial menggunakan Intent Eksplisit :

Buka Android Studio. Lalu pilih Start a new Android Studio Project :

Akan muncul Pop up Create New Project. Pilih Empty Activity lalu klik finish seperti gambar di bawah ini :

Setelah itu Isi kotak Name, Package Name, Language, dan Minimum API Level sesuai gambar di bawah ini. Namun untuk kotak Save location isi sesuai tempat dimana kamu biasa menyimpan project Android Studio lalu klik finsih.

Android Studio akan loading sebentar, tenang saja itu wajar. Kemudian buka app -> res -> layout -> activity_main.xml lalu ubah activity_main.xml seperti kode di bawah ini :

Lalu buka app -> java -> com.example.android.intenteksplisit dan klik kanan pada com.example.android.intenteksplisit kemudian pilih New -> Activity -> Empty Activity seperti gambar di bawah ini :

Setelah munucl Pop up New Android Activity, isi kotak Name Activity, Layout Name, Package Name, dan Source Language seperti gambar di bawah ini, jangan lupa klik centang pada kotak Generate Layout File

Kemudian buka app -> res -> layout -> activity_kedua.xml lalu ubah activity_kedua.xml menjadi kode seperti gambar di bawah ini :

Setelah itu buka app -> java -> com.example.android.intenteksplisit -> MainActivity lalu ubah kode pada MainActivity menjadi seperti kode di bawah ini :

Coba dan run aplikasi, josikie melakukan run pada aplikasi dan ini hasilnya :

Download full source codenya disini.

Baca juga : Tutorial Sederhana Menggunakan ListView (Android Studio)

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)