The Daily Journal

Tutorial Menggunakan Intent Implisit

Tutorial menggunakan Intent Implisit ? Apa itu Intent Implisit? Apa kegunaannya? Bagaimana cara menggunakannya?

Intent Implisit adalah Intent yang tidak memiliki target dan melempar tugas ke aplikasi lainnya. Intent jenis ini mengirim pesan dan permintaan, lalu System Android akan mencari aplikasi yang dapat mengabulkan permintaan Intent. Aplikasi yang siap akan menangkap tugas yang diberikan menjalankan tugas.

Baca juga : Makna dan Arti Logo Sepatu Nike “Just Do It”

Agar lebih mengenal tentang Intent Implisit, mari kita mulai dan pelajari tutorialnya. Berikut ini tutorial menggunakan Intent Implisit :

Buka Android Studio lalu klik Start a new Android Studio project seperti gambar di bawah ini :

Muncul Pop up Create New Project pilih Phone and Tablet lalu klik Empty Activity dan klik Next seperti gambar di bawah ini :

Isikan kotak Name dengan IntentImplicit, Package name dengan com.example.android.intentimpilcit, Language dengan Java, Minimum API level dengan API 22: Android 5.1 (Lollipop) seperti gambar di bawah ini, sedangkan kotak Save location isi sesuai tempat biasanya kamu simpan project Android lalu klik Finish.

Tunggu sampai selesai loading sync gradle pada project yang baru kita buat.

Buka app -> res -> layout -> activity_main.xml seperti gambar di bawah ini :

Kemudian ubah activity_main.xml menjadi seperti kode di bawah ini :

Buka app -> java -> com.example.android.intentimplicit -> MainActivity lalu ubah kode pada MainActivity menjadi seperti kode di bawah ini :

Coba Run dan lihat hasilnya, josikie mencoba run dan ini hasil demo aplikasinya :

Intent Implicit adalah salah satu komponen yang penting untuk membangun aplikasi Android dengan banyak fitur. Tanpa Intent Implicit, kamu tidak akan bisa membangun aplikasi Android yang bisa berkomunikasi dengan aplikasi lain untuk melempar tugas. Dengan menggunakan Intent Implisit, kamu tidak usah ribet – ribet membuat aplikasi kedua untuk menjalankan tugas yang bukan tugas utama aplikasi yang sedang kamu buat. Keep coding and learn.

Download full source code? Bisa! Silahkan download disini.

Baca juga : Tutorial Menggunakan SearchView Dengan BaseAdapter