Tutorial Menggunakan SearchView Dengan BaseAdapter

By | February 10, 2020

Tutorial Menggunakan SearchView Dengan BaseAdapter ? Bagaimana cara menggunakan SearchView dengan BaseAdapter? Adapter seperti apakah Base Adapter itu? Apakah filternya berbeda dengan ArrayAdapter?

Tutorial Menggunakan SearchView Dengan BaseAdapter adalah tutorial SearchView yang lebih kompleks dibandingkan dengan Tutorial Menggunakan SearchView Sederhana (Android Studio) Disarankan jika belum berkenelan dengan SearchView untuk mempelajari Tutorial Menggunakan SearchView Sederhana (Android Studio). Kita akan menggunakan base adapter dan listview yang lebih kompleks untuk tutorial ini. Namun yang akan di cari tetap berdasarkan String (bukan untuk gambar).

Baca juga : 5 Pantai Paling Terkenal di Situbondo

Search adalah salah satu fitur pada aplikasi Android yang bertugas untuk mencari. Untuk menerapkan fitur Search pada aplikasi Android dibutuhkan SearchView. Kita akan membuat SearchView dengan menggunakan Base Adapter yang cara filter nya berbeda dari SearchView sederhana yang menggunakan filter bawaan dari ArrayAdapter. Filter pada Base Adapter akan kita buat sendiri di dalam kelas yang meng-extends Base Adapter. Lalu akan kita pakai di kelas yang akan menampung SearchView.

Untuk kode awal, kita ambil dari aplikasi Wisata Situbondo. Download Source Code nya disini. Kita akan meneruskan dari aplikasi wisata tersebut untuk menambahkan fitur Search pada aplikasi.

Cara untuk mendownload :

Buka link ini lalu klik Clone or Download pilih Download Zip seperti gambar di bawah ini :

Lalu buka folder -> downloads (atau unduhan) lalu Extract Here seperti gambar di bawah ini :

Setelah di extract, pindahkan folder hasil extrak file zip tadi ke folder C. Lalu buka Android Studio. Pilih Import project seperti gambar di bawah ini :

Cari file yang kamu pindahkan tadi lalu klik dan klik ok seperti gambar di bawah ini :

Tunggu beberapa waktu hingga gradle sync selesai dan jika sudah selesai, akan seperti gambar di bawah ini :

Setelah itu buka app -> java -> com.example.android.wisatasitubondolist -> TempatWisataAdapter seperti di bawah ini :

Ubah kode di dalam kelas TempatWisataAdapter menjadi seperti kode berikut ini :

Selanjutnya buka app -> res -> layout -> activity_main.xml lalu ubah kode di activity_main.xml menjadi seperti di bawah ini :

Kemudian buka app -> java -> com.example.android.wisatasitubondolist lalu ubah kode menjadiseperti kode di bawah ini :

Coba run dan lihat seperti apa data yang akan kita dapatkan saat melakukan pencarian pada SearchView. Berikut ini demo aplikasinya ketika di run oleh josikie :

Download full source code disini.

Baca juga : 6 Taman Air dan Dermaga Terkenal di Situbondo