The Daily Journal

Tutorial Mengumpulkan Tugas Di Google Classroom

Tutorial Mengumpulkan Tugas Di Google Classroom ? Apakah kamu menggunakan google classroom? Bagaimana cara mengumpulkan tugas di Google Classroom? Skuyy kita lihat caranya di bawah ini :

Hai pejuang online. Selama wabah terjadi, kita diwajibkan mengerjakan tugas dan belajar dari rumah secara online. Belajar online berarti kita memanfaatkan teknologi untuk prosesnya. Salah satu aplikasi populer yang digunakan untuk belajar online adalah Google Classroom. Berikut cara mengumpulkan tugas di google classroom.

Pertama kali membuka aplikasi Google classroom kamu akan mendapatkan halaman utama / Classes. Halaman utama berisi kelas – kelas. Kelas – kelas tersebut ada karena kamu sudah bergabung. Contohnya pada gambar di bawah ini ada kelas Pemrograman Web, XI RPL Penjaskes, Pemodelan Perangkat Lunak, XI RPL, XI RPL Bahasa Indonesia, PPKn XI RPL, dan RPL 2018 :

Untuk mengumpulkan tugas, silahkan pilih kelas yang sedang ada tugas. Misalnya saya mau mengumpulkan tugas di kelas RPL 2018. Klik di kelas RPL 2018 seperti yang dilingkari di bawah ini :

Kamu akan masuk ke dalam kelas RPL 2018 seperti gambar di bawah ini :

Pada saat ada di dalam kelas RPL 2018, Deretan tugas akan muncul seperti gambar di atas. Semisal ada tugas baru akan muncul New Assignment yaitu tugas baru yang diupload oleh Guru, Klik pada New Assignment: Struktur Program, yaitu klik seperti yang dilingkari pada gambar di bawah ini :

Akan muncul seperti gambar di bawah ini :

Untuk mengumpulkan tugas, klik yang dilingkari pada gambar di bawah ini :

Lalu akan muncul seperti gambar di bawah ini :

Silahkan klik Add attachment seperti yang dilingkari pada gambar di bawah ini:

Nanti akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Pada gambar diatas, kamu dapat memilih melalui apa kamu akan mengumpulkan dan mengupload tugas. Misalnya melalui File. Pilih File seperti yang dilingkari pada gambar di bawah ini :

Nanti kamu akan diarahkan ke penyimpanan Smartphonemu. Pilih file yang mau kamu upload, bisa foto, video, atau dokumen. Tunggu beberapa saat. Setelah itu akan menjadi seperti gambar di bawah ini :

Langkah terakhir klik tombol Turn in seperti yang dilingkari pada gambar di bawah ini :

Jika ada pop up seperti gambar di bawah ini, klik saja yang dilingkari pada gambar di bawah ini :

Tunggu beberapa saat. Jika tugasmu sudah dan berhasil terkumpulkan, maka akan menjadi seperti gambar di bawah ini :

Kamu dapat mengumpulkan lebih dari satu file dengan cara memencet tombol Add attachment lagi lalu pilih file lain yang mau dikumpulkan.

Semisal kamu salah mengumpulkan tugas, tenang saja tugas bisa di tarik kembali sebelum Guru melihat tugasmu. Untuk menarik kembali tugasmu karena salah kirim, klik tombol Unsubmit seperti yang dilingkari pada gambar di bawah ini :

Jika muncul pop Up seperti gambar dibawah ini, silahkan klik Unsubmit seperti yang dilingkari pada gambar di bawah ini :

Setelahg tugas ditarik kembali, maka akan menjadi seperti di bawah ini :

Pada gambar diatas, jika file tersebut salah dan kamu ingin menghapusnya, klik tanda x untuk menghapus file tersebut. Baru tambahkan file yang benar.

Perbedaan pada saat kamu sudah mengumpulkan tugas dengan belum mengumpulkan tugas ada dibagian Your Work seperti gambar di bawah ini :

Pada gambar di bagian kiri, ada bagian yang dilingkari, itu bertuliskan Assigned yang menginformasikan bahwa tugas belum selesai dan belum terkumpulkan. Sedangkan pada bagian kanan, bagian yang dilingkari bertuliskan Turned in yang berarti tugas sudah diserahkan.

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)

Baca juga :
Teknologi 5G Standar Telekomunikasi Di Masa Mendatang
Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Kunjungi github josikie disini