Tutorial Sederhana Menggunakan ListView (Android Studio)

By | February 8, 2020

Tutorial sederhana menggunakan ListView adalah perkenalan kamu dengan ListView. Tutorial ini mudah dipahami. Bagaimana cara menggunakan ListView? Seperti apa itu ListView? Untuk apa ListView digunakan?

Sebelum memulai Tutorial sederhana menggunakan ListView , ada baiknya kamu mengenal apa itu ListView. ListView merupakan salah satu user interface pada Android Studio yang dapat membuat sekumpulan data berbaris rapi dari atas ke bawah. Jika data banyak dan melebihi layar smartphone, data yang tidak muncul dapat dilihat dengan cara menggulir (scroll) layar dari atas ke bawah maupun bawah ke atas.

Baca juga : Siapa Itu Nikola Tesla? Berikut Biografinya

Untuk menggunakan ListView, kita perlu data array atau objek array, adapter, dan ListView sendiri. Apa itu data array atau array objek? Data array atau array objek adalah sekumpulan data yang tempat penampungannya dimulai dari indeks (angka urutan) 0. Contohnya :

Data array dapat memiliki hanya satu tipe data. Diantaranya String, int, double, dan lainnya. Isi data dari data array semuanya memiliki tipe data yang sama. Misal indeks 0 memiliki value dengan tipe data int, maka indeks pertama sampai indeks terakhir juga memiliki value dengan tipe data yang sama. Sedangkan pada objek array, tipe data menggunakan objek yang dibuat sendir sehingga dalam satu indeks array dapat banyak memuat data dengan tipe data yang berbeda.

Mari kita mulai tutorial sederhana menggunakan ListView. Pertama buat project baru di Android Studio seperti berikut :

Kemudian pilih Empty dan klik Next seperti gambar di bawah ini :

Isikan kotak Name, Package Name, Language, dan Minimum API Level seperti gambar di bawah. Sedangkan kotak Save location isi sesuai tempat dimana kamu akan menyimpan project. Setelah itu klik finish.

Pergi ke app-> res -> layout -> activity_main.xml, lalu salin kode di bawah ini untuk desain list :

Kemudian pergi ke app -> java -> com.example.android.listviewsederhana -> MainActivity. Tambahkan array String di MainActivity untuk memuat beberapa data String pada ListView, berikut kodenya :

Kode diatas adalah variabel merek smartphone yang bertipe data array string. Dimulai dari indeks 0 yang berisi Lenovo, indek pertama berisi Oppo, dan seterusnya.

Lalu tambahkan array adapter dengan nama arrayAdapter yang memiliki tipe data String. Berikut kodenya :

Pada kode diatas,this  menunjuk kelas yang dipakai oleh Listiew melalui adapter, android.R.layout.simple_name_list_1 digunakan untuk menata list menggunakan simple name list item, merekSmartphone adalah variabel array bertipe data String yang memiliki data merek smartphone untuk ditampilkan pada layar android dengan bentuk list.

Temukan id ListView, lalu setAdapter pada ListView. Berikut ini kodenya :

Kode keseluruhan pada MainActivity :

Berikut demo aplikasnya :

Untuk download full source code di sini

Baca juga : Sifat Kucing Menurut Warna Bulunya

Terimakasih, semoga bermanfaat:)