Usaha Modern Membutuhkan Digital Marketing

Usaha Modern Membutuhkan Digital Marketing
Usaha Modern Membutuhkan Digital Marketing

Usaha Modern Membutuhkan Digital Marketing? Mengapa Usaha Usaha Modern Membutuhkan Digital Marketing? Kenapa harus digital marketing?

Dulu periklanan hanya bisa dilakukan melalui televisi, radio, koran, dan selebaran. Biaya yang dikeluarkan untuk mengiklankan secara besar – besaran pada zaman itu juga tidak sedikit, penyebarannya terkadang kurang menyeluruh dan tidak pasti. Seiring perkembangan teknologi, kita meningingkan periklanan yang mudah disebarkan, menjangkau luas konsumen, menarik minat konsumen. Pemasaran yang menjangkau konsumen secara luas dipastikan memiliki penonton/pembaca yang sesuai. Pada saat ini, yang cerdas menggunakan strategi pemasaran agar kompetitornya tidak menguasai pasar suatu produk. Mereka berlomba – lomba melancarkan strategi pemasaran yang sesuai dengan kemajuan zaman.

Baca juga :
Mengapa Contract Class Sangat Penting? (Database Android Studio)
5 Smartphone Gaming Android Terbaik Tahun 2020

Pernahkah Anda mendengar istilah digital marketing? Digital marketing atau pemasaran digital adalah segala usaha dan bentuk pemasaran yang dilakukan melalui media digital. Media digital disini adalah media yang memiliki teknologi untuk menyebarkan dan memberikan informasi pada konsumen. Misalnya melalui media sosial, email, dan website. Digital marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Digital marketing semakin banyak digunakan karena efisien, mudah, dan memiliki banyak manfaat bagi bisnis modern zaman sekarang.  Banyak kelebihan dari digital marketing, yaitu dapat mengatur agar iklan hanya bisa dilihat oleh orang – orang tertentu, menyebarkan iklan dengan sangat cepat  dan mudah, iklan dapat dipastikan dilihat banyak orang, dan lainnya. Digital marketing awalnya muncul sekitar tahun 1990-an. Pada saat itu belum ada media sosial dan penggunaan website belum menyeluruh, sehingga SMS Marketing menjadi strategi pemasaran digital yang digunakan.

Komputer, laptop, dan smartphone sudah menjadi hal yang biasa. Dari kalangan anak – anak hingga dewasa sudah terbiasa mengoperasikan komputer, laptop, dan smartphone. Kebanyakan orang membawa smartpone kemana – mana disetiap kegiatannya. Bahkan, mereka dapat melakukan segela sesuatu menggunakan smartphone, sepeti berbelanja, mencari hiburan, belajar, dan bekerja. Melihat peluang yang sangat besar ini, digital marketing menjadi strategi pemasaran yang cocok untuk bisnis modern. Melalui media digital, kita dapat memberikan informasi akurat dan menarik tentang produk.

Contohnya, sebuah toko baju ingin menarik minat konsumen lama ataupun konsumen baru dengan menyebarkan iklan tentang harga diskon baju yang mereka jual melalui Instagram, TikTok, Facebook, E-Mail marketing, dan lainnya. Mengiklankan di media sosial tersebut juga ada caranya. Ada cara yang membayar selebgram atau artis. Ada juga cara pay-per-click di media sosial untuk melakukan periklanan atau ads misalnya Facebook Ads. Selain kedua cara tersebut, masih banyak cara lainnya untuk melancarkan strategi digital marketing. Intinya, kita menggunakan digital marketing untuk menjangkau sebanyak mungkin. Tidak hanya melalui sosial media, kita juga dapat menggunakan blog atau website untuk menceritakan dan mengiklankan produk yang dijual.

Pemilik bisnis sangat diwajibkan tau bagaimana cara menggunakan digital marketing dan paham akan digital marketing. Sebenarnya tidak hanya pemilik binsis saja yang harus belajar digital marketing karena kemampuan digital marketing juga dapat menghasilkan uang. Beberapa profesi yang dilahirkan karena adanya digital marketing adalah Social Media Manager, Digital Marketing Specialist, SEO Analyst, UX Desainer, Blogger, dan Vlogger. Bingung mau belajar digital marketing dimana? Sekarang sudah banyak loh website yang menyediakan kursus Digital Marketing misalnya Dumet School, Udemy, Baba Studio, dan lainnya.

Baca juga : Yang Harus Disiapkan Sebelum Adopsi Kucing

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)