View dan ViewGroup Pada Desain XML Aplikasi Android

By | December 16, 2019

Apa itu View dan ViewGroup? Apa kegunaannya? Seperti apa contohnya?

Pada saat menyusun layout untuk desain aplikasi Android, kita membutuhkan View dan Viewgroup. ViewGroup memudahkan kita menyusun desain layout pada aplikasi Android sesuai keinginan kita. Sebelum belajar jauh, kamu perlu tau di mana letak layout pada Android Studio. Letak layout pada Android Studio yaitu di App  -> res -> Layout. Oke, lanjut.

Baca juga : Cara Merubah Ikon Launcher / Ikon Avatar Pada Aplikasi Android

ViewGroup pada desain aplikasi Android adalah view yang didalamnya dapat memiliki View. ViewGroup adalah yang utaman dalam menyusun desain XML aplikasi. Kenapa? Karena ViewGroup bertugas sebagai wadah bagi View – View dan ViewGroup lainnya. View dan ViewGroup bisa kita pakai di layout.xml pada Android Studio.

Beberapa contoh ViewGroup adalah LinearLayout, RelativeLayout, FrameLayout, dan ConstraintLayout, berikut penjelasannya :

1) LinearLayout

Layout ini berfungsi untuk menampilkan View atau Komponen – komponen yang ada didalamnya untuk ditampilkan secara vertikal maupun horizontal. Sehingga tampilan View atau komponen – komponennya akan sejajar vertikal ataupun horizontal. Berikut illustrasinya :

LinearLayout dengan orientation vertical
LinearLayout dengan orientation Horizontal

2) RelativeLayout

Disebut RelativeLayout karena komponen – komponen di dalam RelativeLayout dapat saling berelatif satu sama lain. Pada layout ini tata letak View bergantung pada View lainnya. Jika pada LinearLayout hanya ada posisi vertical dan horizontal, pada RelativeLayout posisi View atau komponen bisa di atas, di bawah, di kanan, maupun di kiri View lainnya yang juga berada di dalam ViewGroup RelativeLayout. Berikut illustrasinya :

3) FrameLayout

Layout ini khusus untuk fragment bukan activity. Namun sahabat josikie dapat menggunakannya juga untuk activity jika ingin dan butuh. Pada saat kita menggunakan FrameLayout, View – view seperti TextView, ImageView, dan lainnya akan saling menumpuk. Yang pertama akan berada di paling bawah sedangkan yang terakhir akan berada di paling atas. Semisal View yang kita buat TextView 1, kemudian kita membuat lagi TextView 2, maka tampilan yang akan kita dapatkan adalah TextView 1 berada di bawah TextView 2 atau TextView 2 berada di atas TextView 1. Berikut Illsutrasinya :

#Illustrasiframelayout

4) ConstraintLayout

Layout satu ini mirip RelativeLayout, dimana View dan Komponen – komponen yang terdapat didalamnya dapat berelative satu sama lain maupun berelative dengan ConstraintLayout sendiri. Tata letak View dan komponennya bergantung satu sama lain. Kabar baiknya auto generate androidx pada layout menggunakan ConstraintLayout. Dikatakan ini lebih baik dan lebih mudah digunakan di Layout Editor kita. Berikut Illustrasinya :

Sedangkan View adalah komponen yang terdapat di dalam ViewGroup. Penggunaan View wajib di dalam ViewGroup sebagai isi dari ViewGroup. View dapat berinteraksi dengan pengguna. Berikut ini adalah beberapa contoh View :

1) TextView

TextView adalah View yang berguna yntuk menampilkan teks yang dapat berinteraksi dengan pengguna di layar Android,

2) ImageView

ImageView adalah View yang berguna untuk menampilkan gambar yang dapat berinteraksi dengan pengguna di layar Android,

3) ListView

View yang berguna untuk menampilkan list yang berisi informasi,

4) CheckBox

View yang berguna pada saat kita ingin menampilkan quiz untuk beberapa pilihan yang bisa dicentang satu saja oleh pengguna pada saat pengguna memilih pilihan,

5) Button

View ini dapat berinteraksi dengan pengguna secara ditekan oleh pengguna.

Baik View maupun ViewGroup memiliki atribut. Apa itu atribut? Atribut adalah beberapa ciri ciri dari View dan ViewGroup seperti warna apa View atau ViewGroup, berapa ukuran View atau ViewGroup, Apa isi dari View atau ViewGroup, dan banyak lainnya. Contoh lain adalah seorang anak perempuan yang memiliki atribut rambut panjang berwarna hitam, tinggi badan 140 cm, berat badan 33 kg, umur 10 tahun, dan lainnya.

Berikut penggunaan View, ViewGroup dengan atribut – atributnya :

Contoh diatas termasuk nested ViewGroup. Apa itu nested ViewGroup? Nested ViewGroup adalah dimana pada didalam Sebuah ViewGroup terdapat ViewGroup lain.

Baca juga : Tutorial Desain Login Sederhana Aplikasi Menggunakan Android Studio

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat.