The Daily Journal

Yuk Kenalan Dengan Bitcoin

Yuk Kenalan Dengan Bitcoin
Yuk Kenalan Dengan Bitcoin

Yuk Kenalan Dengan Bitcoin? Apa itu bitcoin? Kenapa yuk kenalan dengan Bitcoin?

Pernahkah kamu dengar kata “bitcoin”? Bitcoin adalah mata uang digital berteknologi blockchain yang bisa digunakan untuk kegiatan jual beli di masa depan. Bitcoin pertama kali dibuat dan ditemukan oleh Satoshi Nakamoto. Katanya sih, Satoshi Nakamoto ini sebenarnya nama samaran orang atau sebuah kelompok. Ntah itu orang atau kelompok yang menciptakan bitcoin. Bitcoin tercipta pada saat resesi besar dan krisis finansial pada tahun 2008. Bitcoin memiliki tujuan utama menghapus perantara layanan finansial sehingga biaya perantara bisa dikurangi bahkan tidak ada biaya perantara sama sekali. Oleh karena itu, urusan terkait finansial seperti pengiriman dan pembelian menggunakan bitcoin akan lebih hemat.

Baca juga :
Apa Itu New Normal?
Berbicara Di Depan Umum Dengan Baik

Seperti apa kerja transaksi Bitcoin? Bitcoin menggunakan teknologi blockchain dimana setiap bitcoin memiliki identitas yang unik dan berbeda dengan bitcoin lainnya. Tentunya, bitcoin tidak bisa dipalsukan karena memikiki identitas yang unik Keamanan laju uang membuat bitcoin memiliki banyak peminat. Setiap laju bitcoin memiliki catatan yang disimpan oleh block tertentu, misalnya terdapat transaksi pemilik bitcoin dengan penerima bitcoin, transaksi tersebut akan diselesaikan oleh penambang bitcoin. Pemilik bitcoin yang mau melakukan transaksi pada penerima akan memberikan sinyal kepada Penambang.
Penambang menggunakan super komputer untuk menyelesaikan transaksi dengan cara mengerjakan soal – soal matematika rumit tertentu. Pertama, penambang akan memverifikasi apakah bitcoin yang dikirim oleh pemilik untuk penerima itu sah. Sesudah diverifikasi dan terbukti bahwa bitcoin tersebut sah, penambang akan mengizinkan transaksi tersebut terjadi kemudian penambang akan menyelesaikan sekelompok soal matematika yang rumit untuk menyelesaikan transaksi. Transaksi yang sudah berijin dan terselesaikan akan tercatat didalam block. Penambang akan diberikan 25 bitcoin dari teknologi bitcoin sendiri tanpa mengurangi 25 bitcoin milik orang lain sebagai imbalan untuk setiap block transaksi yang terverifikasi. Terkadang bitcoin yang dijual adalah bitcoin hasil penambang. Pada saat ini jumlah keseluruhan bitcoin mencapai jutaan bitcoin.

Bitcoin bisa dikatakan sebagai emas digital yang bisa ditambang. Semakin tinggi harga bitcoin, semakin banyak yang didapatkan oleh penambang. Bitcoin mandiri dan menyokong sendri interaksi antara penambang dengan blockchain. Uang digital ini bisa bertahan karena bitcoin dapat menyokong dan menguatkan diri sendiri. Namun hingga saat ini, harga bitcoin dipasaran masih naik turun.

Baca juga : Tips Menentukan Mau Sekolah Dimana Setelah Lulus SMP

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)