Yuk Ketahui Tentang Variabel Hiding di Java

Yuk ketahui tentang variabel hiding di Java? Seperti apa itu variabel hiding? Apa efek variabel hiding?

Variabel adalah tempat yang dapat menyimpan sesuatu seperti teks, angka, list, object, dan lainnya. Semua bahasa pemrograman baik yang memiliki paradigma berorientasi objek, prosedural, dan lainnya pasti dapat kita gunakan untuk membuat variabel. Variabel pada satu class harus memiliki nama yang unik, tidak boleh ada dua variabel dengan nama yang sama di satu class. Walaupun dua variabel memiliki tipe data yang berbeda, nama variabel tersebut tidak boleh sama. Berbeda dengan method yang bisa overloading. Jika kamu tetap memaksa untuk menggunakan dua variabel dengan nama yang sama, akan terjadi error.

Baca juga :
Macam – Macam Access Modifier di Java
Manajemen Waktu Dengan Matriks Eisenhower

Variabel dapat disebut sebagai field di bahasa pemrograman Java. Jika method dapat dibuat kembali di kelas childnya atau method overloading, maka variabel di Java tidak dapat melakukan hal tersebut. Artinya variabel – variabel yang memiliki nama yang sama di class child dan di class parent berdiri sendiri dan tidak memiliki hubungan.  Ketika satu variabel di class parent sama seperti satu variabel di class child maka akan terjadi variabel hiding.

Misalnya pada saat kita mengonversi object child ke parent, method – method dapat dioverriding. Jika kita memanggil method, yang terpanggil adalah method hasil overriding di class child. Mengapa begitu? Karena objectnya adalah class child bukan parent. Tetapi variabel atau field tidak dapat dioverriding. Jika kita memanggil field atau variabel di class yang namanya sama dengan variabel dari object child yang dikonversi ke parent, field dan variabel yang terakses adalah variabel yang didefinisikan di class parent. Itulah yang disebut variabel hiding yang terjadi karena variabel diakses dari object class child.

Bagaimana cara menghindari variabel hiding? Sangat mudah. Karena parent memiliki hubungan dengan child, kita dapat mengunakan kata kunci super di class child pada saat menggunakan variabel milik class parent. Harus diingat bahwa kita menggunakan variabel exercise dari parent di class child dengan kata kunci super, bukan membuat kembali variabel.

Contoh variabel hiding :

1. Di class parent dan class child :

Yuk Ketahui Tentang Variabel Hiding di Java

2. Di class TesVariabelHiding :

Yuk Ketahui Tentang Variabel Hiding di Java

3. Hasil print ke layar :

Yuk Ketahui Tentang Variabel Hiding di Java

Contoh penggunaan kata kunci super untuk menghindari variabel hiding :

1 Di class parent dan cass child :

Yuk Ketahui Tentang Variabel Hiding di Java

2. Di class TesVariabelHiding ;

Yuk Ketahui Tentang Variabel Hiding di Java

3. Hasilnya :

Yuk Ketahui Tentang Variabel Hiding di Java

Baca juga : Hidup Lebih Bahagia Dengan Ikigai

Sekian artikel Yuk Ketahui Tentang Variabel Hiding di Java, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)