Pengetahuan umum

Kaktus Paria (Haageocereus aureispinus)

Kaktus Paria adalah salah satu jenis kaktus. Kaktus Memiliki banyak jenis sesuai daerah asal usulnya. Ada kaktus yang dari daerah Indonesia maupun dari luar negeri.
Kaktus paria

Kaktus Paria merupakan jenis kaktus yang mempunyai Batang tegak lurus. Tingginya dapat mencapai 1,5 m. Garis tengah Batang 5 sampai 7,5 cm. Di sekeliling batangnya terdapat 14 sampai 20 rusuk. Aerolnya kadang – kadang membentuk satu kesatuan pada bagian ujung dari rusuk – rusuknya. Duri – duri berjumlah 40 buah. Dari ukurannya, sulit untuk membedakan antara duri radial dan duri sentral. Tetapi dari pertumbuhannya jelas dapat dibedakan. Panjang duri sentral maupun radial kurang lebih 1,25 sampai 3,8 cm.

Bunganya mekar pada malam hari, berwarna putih atau merah jambu. Tumbuh dari bagian atas batang. Tangkai bunganya berwarna hijau agak kecoklatan – coklatan berbulu halus. Panjang bunga antara 7,5 sampai 10 cm.

Buah kartu paria berbentuk bulat sampai bulat telur. Panjangnya sekitar 2,5 sampai 8 cm, juga mempunyai tangkai yang berbulu. Mudah tumbuh dari biji naulu. Dari setek batang. Kaktus yang muda tidak tahan terhadap panas matahari langsung. Kaktus ini berada dari Peru, sering ditemukan pada daerah berbatu, maupun di lembah – lembah di daerah Peru bagian tengah.

Sumber : Flora Indonesia Kaktus, diterbitkan oleh P.T. (Persero) Gita Karya.

klik kaktus sanggul untuk mengetahui banyak jenis kaktus lainnya

No Comments

    Leave a Reply