Josi Kie

Dasar Pemrograman Java 3

Dasar Pemrograman Java 3

Setelah belajar Dasar Pemrograman Java 2, kita akan belajar Dasar Pemrograman Java 3. Yang mana berisi materi dan praktek yang lengkap penjelasanya tentang looping (perulangan) dan array

Pedih

Pedih

Pagi ini indah ya…,
Sangat indah dan
Mentaripun begitu sangat
Cantik dan indah

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Android 10 dan Android Pie adalah rilis baru operating system Android. Android Pie rilis pada tahun 2018, sedangkan versi Android 10 rilis pada tahun 2019. Fitur – fitur pintar banyak bertambah. Untuk tahun 2019, Android 10 adalah versi Android terbaru meskipun belum semua smartphone dapat menggunakan operating system versi Android 10.

Air mata adalah air yang diteteskan oleh mata untuk membantu menjaga mata tetap sehat. Hal itu dikarenakan air mata lah yang menjaga bola mata tetap bersih dan juga lembab. Air mata menjauhkan kita dari kerusakan mata.

Macam-macam air mata ada tiga, yaitu air mata emosional, air mata iritasi, dan air mata basal. Air mata emosional terjadi ketika seseorang sedih ataupun bahagia. Sedangkan air mata iritasi mengalir karena iritasi yang disebabkan oleh debu dan kotoran. Beda dengan air mata emosional dan air mata iritasi yang dikeluarkan karena sesuatu air mata basal memiliki fungsi melembabkan, menutrisi, dan melindungi mata kita. Tahukah kamu? Air mata yang sering manusia teteskan memiliki kandungan. Sistem dari air mata sangat kompleks di mana terdiri dari 3 lapisan yaitu lapisan minyak, lapisan air, dan lapisan mukus.

Baca juga : Tutorial Membuat Website Gratis Tanpa Koding Menggunakan 8b Website Builder

Berikut ini kandungan kandungan yang ada pada air mata :

1) Lemak

Wahh ternyata air mata juga mengandung lemak. Lapisan terluar air mata merupakan lapisan minyak. Lapisan lemak disusun oleh cholestryl ester, kolesterol, trigliserida, dan fosfolipid. Karena memiliki sifat hidrofobik lapisan lemak mampu mencegah penguapan air mata terlalu cepat. Nama lain dari lapisan ini adalah lipid layer.

2) Protein

Protein paling banyak ditemukan dalam bentuk enzim. Protein yang dihasilkan termasuk protein albumin. Protein albumin berguna untuk meregulasi sistem metabolisme tubuh. Selain albumin, ada beberapa protein penting dalam air mata. Yaitu lisozim, laktoferim, sekresi antibodi imonoglobin A dan protein pengikat lemak. Protein berada pada lapisan air bersama dengan elektrolit.

3) Elektrolit

Terletak pada lapisan air saat dikarenakan kandungan elektrolitnya.

Selain kandungan zat pada air mata seperti diatas, ada lagi senyawa yang terkandung dalam air mata, yaitu :

– Leusin-enkephalin yang memiliki fungsi untuk mengatur rasa sakit,

– Adeokortikotropik, yaitu sebuah hormon yang dianggap sebagai indikator terjadinya stress,

– Prolaktin, yaitu hormon yang meningkatkan produksi air mata dan mengatur produksi air susu.

Baca juga : Tutorial Membuat Website Gratis Tanpa Koding Menggunakan 8b Website Builder

*Diambil dari berbagai sumber