Josi Kie

Dasar Pemrograman Java 3

Dasar Pemrograman Java 3

Setelah belajar Dasar Pemrograman Java 2, kita akan belajar Dasar Pemrograman Java 3. Yang mana berisi materi dan praktek yang lengkap penjelasanya tentang looping (perulangan) dan array

Pedih

Pedih

Pagi ini indah ya…,
Sangat indah dan
Mentaripun begitu sangat
Cantik dan indah

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Android 10 dan Android Pie adalah rilis baru operating system Android. Android Pie rilis pada tahun 2018, sedangkan versi Android 10 rilis pada tahun 2019. Fitur – fitur pintar banyak bertambah. Untuk tahun 2019, Android 10 adalah versi Android terbaru meskipun belum semua smartphone dapat menggunakan operating system versi Android 10.

Setiap bahasa pemrograman memiliki variabel, termasuk bahasa pemrograman C++. Guna dari variabel adalah untuk menyimpan nilai dan konstanta sebagai memori.

Bentuk dari variabel C++ diawali dengan huruf alias harus huruf pada awal – awalnya. Variabel merupakan hal wajib pada saaat menulis kode program agar kompiler dan library mengenal kode yang kamu tuliskan. Variabel sangat memudahkan kita untuk menulis kode program. Nilai yang terdapat dalam variabel biasanya adalah masukan dari pengguna, hasil program, bahkan dari programmer sendiri.

Contoh kode program C++ yang nilai variabel nya dari programmer :

Contoh kode program C++ yang nilai variabelnya dari pengguna (user) :

Contoh kode program C++ yang nilai variabelnya dari hasil program :

Program pada tampilan pengguna (user) :

Peraturan Penulisan Variabel Pada C++

1 ) Sebelum digunakan wajib di deklarasikan terlebih dahulu baru bisa digunakan, contoh :

int a;
a=45000
cout << " Harga sepatu =Rp." << a <<;

2 ) Wajib menggunakan tipe data yang dituliskan sebelum variabel, jadi sebelum variavel wajib ada tipe data didepannya, contoh :

int a=20;
float b=0,50;

3 ) Karena C++ merupakan bahasa pemrograman dengan case yang sensitive, pada saat kamu ingin menggunakan variabel p[ada kode selanjutnya setelah deklarasi, wajib menuliskan nama variabel yang sama seperti pada saat mendeklarasikan variabel tersenut. Jika penulisan nama variabel pada awalnya menggunakan huruf kecil, maka pada saat digunakan selanjutnya semua huruf pada nama variabel wajib huruf kecil semua. Kompiler akan membaca salah bila berbeda,

4 ) Variabel C++ tidak boleh menggunakan angka didepannya. Wajib huruf dulu baru angka, kalaupun ingin menuliskan angka bisa ditaruh dibelakangnya, seperti :

int a3;

5 ) Penulisannya tidak boleh menggunakan spasi, jika ingin mempunyai variabel lebih dari satu kosa kata, kamu dapat menggunakan tanda ( _ ) sebagai jarak pemisah, contoh :

int a_2;

Variabel tidak lepas dari tipe data. Setiap penulisannya, variabel harus dideklarasikan menggunakan tipe data.

Contoh tipe data : int, float, double, string, dan lainnya.

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)