The Daily Journal

Mata Uang Cryptocurrency Yang Lagi Terkenal

Mata Uang Cryptocurrency Yang Lagi Terkenal ? Apa saja Mata Uang Cryptocurrency Yang Lagi Terkenal ? Seperti apa mata uang cryptocurrency tersebut?

Apa itu cryptocurrency? Cryptocurrency adalah mata uang digital atau aset digital. Cryptocurrency sudah mulai bermunculan dari 10 tahun yang lalu. Awal kemunculan cryptocurrency dimulai dari Bitcoin. Hingga saat ini terdapat ribuan mata uang cryptocurrncy seperti Bitcoin. Hampir semua cryptocurrency yang ada saat ini menggunakan teknologi blockchain. Apa itu teknologi blockchain? Blockchain adalah sebuah sistem dimana yang mencatat pergerakan cryptocurrency di block – block nya. Dengan blockchain, semua transaksi terlihat dengan jelas pergerakannya. Ada mata uang digital, ada dompet digital. Di google play store sudah ada banyak dompet digital untuk cryptocurrency.

Baca juga :
Berbagai Jenis Algoritma Pada Machine Learning
Kenapa Teh Hijau Dapat Mengurangi Lemak Tubuh?

Setiap tahunnya bisa muncul cryptocurrency baru. Baik yang akan terkenal, maupun yang tidak terkenal. Setiap cryptocurrency tersebut memiliki beberapa kesamaan dan perbedaan keunggulan – keunggulannya. Berikut ini Mata uang cryptocurrency yang terkenal :

1) Bitcoin

Sebagai cryptocurrency yang pertama kali dikenal banyak orang, Bitcoin masih terkenal sampai saat ini. Bitcoin terkenal dengan sebutan emas digital karena harga yang luar biasa dan jumlah Bitcoin yang ada. Banyak orang berlomba – lomba mengumpulkan Bitcoin untuk disimpan, bertransaksi, maupun berinvestasi. Bitcoin dibuat dan diciptakan oleh Satoshi Nakamoto tahun 2009. Bitcoin memiliki komunitasnya sendiri. Munculnya Bitcoin tentunya memunculkan pro dan kontra. Namun Bitcoin adalah cryptocurrency yang paling banyak digunakan.

2) Ether

Vitalik Buterim memulai proyek besar Ethereum mulai tahun 2013. Ethereum merupakan blockchain yang memiliki cryptocurrency atau aset digital bernama Ether. Ether benar – benar online. Sama seperti Bitcoin, Ether bisa digunakan untuk bertransaksi secara cepat, aman, dan online. Dari Ethereum kamu bisa memprogram aplikasi baru. Ether tidak memerlukan pihak ketiga, dan tidak dikontrol oleh pemerintah maupun perusahaan. Ether termasuk cryptocurrency yang populer saat ini dan banyak digunakan.

3) Tether

Tether adalah mata uang cryptocurrency yang termasuk stablecoin atau cryptocurrency yang nilainya tetap stabil. Tether berada di bawah naungan perusahaan Tether Limited. Dulu nama Tether adalah RealCoin lalu diubah menjadi Tether. Perusahaan yang menaungi Tether Limited berbasis di Hongkong. Tether sudah diperdagangkan sejak 2015. Tether memakai protokol Omni Layer yang berguna agar Tether menggunakan teknologi Blockchain milik Bitcoin.

4) XRP

Sebelum bernama XRP, cryptocurrency satu ini diberi nama Ripple. XRP adalah aset digital atau cryptocurrency berbasis internet protocol yang dapat digunakan untuk menerima dan mengirim pembayaran. XRP sudah dirilis dari tahun 2012. XRP diciptakan atau dibuat oleh perusahaan Ripple Labs. XRP termasuk cryptocurrency yang nilainya tidak dapat diatur oleh pemerintah maupun penciptanya sehingga pembiayaan transaksi lebih murah dan cepat.

5) Bitcoin Cash

Namanya mirip dengan Bitcoin, yaitu Bitcoin Cash. Bitcoin Cash tercipta karena hard fork pada Bitcoin. Bitcoin Cash merupakan kembaran Bitcoin. Jika jual, Bitcoin Cash lebih murah daripada Bitcoin. Sama seperti Bitcoin, Bitcoin Cash juga bersifat peer to peer dan sepenihnya terdesentralisasi tanpa pihak ketiga. Cryptocurrency satu ini lahir pada tahun 2017 karena ada beberapa orang yang tidak puas dengan fitur sepregated witness pada Bitcoin.

Baca juga : Serunya Casual (kerja selama liburan)

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)